IKA SMANCA Sukses Gelar Reuni Akbar 40 Tahun Secara Spektakuler di Kabupaten Soppeng

JBN.CO.ID
Selasa, 02 Mei 2023 | 13:26 WIB Last Updated 2023-05-02T06:26:56Z




JBN.CO.ID, Soppeng,- Ikatan Alumni SMA Negeri Cangadi ( SMANCA)/ SMAN 2 Soppeng Sukses menggelar acara reuni Akbar 40 tahun *alumni SMAN Cangadi/SMAN 2 Soppeng* di Lapangan H. Andi Mahmud Cangadi, Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng,Senin (24/4/23).

Panitia Reuni Akbar 40 tahun Alumni SMA Negeri Cangadi (IKA SMANCA)/*SMAN 2 Soppeng* yang diketuai *oleh Jumardi Lanta, S.T,.M.Si*. berhasil menghadirkan sekitar 2.200 hingga 2.500 orang alumni dari angkatan 1983 hingga 2022.

SMA Negeri Cangadi yang sekarang sudah berganti nama menjadi SMA Negeri 2 Soppeng diketahui telah melahirkan *13.372*
alumni dengan multi profesi yang sebagian besar bahkan telah berdomisili diberbagai daerah selain Kabupaten Soppeng, bahkan *sampai di luar negeri*.

Ketua Panitia Reuni akbar 40 tahun *Alumni SMANCA/SMAN 2 Soppeng Jumardi Lanta,S.T., M.Si* mengungkapkan event reuni Akbar ini mengusung tema “Mario Sipurennu Massedi Ati” dengan menyajikan berbagai kegiatan.

Dalam laporan kegiatannya *Ketua Panitia Reuni Akbar Jumardi Lanta, S.T., M.Si.,* menjelaskan bahwa kegiatan reuni akbar tidak hanya terfokus pada hari H tanggal 24 April 2023 saja, namun *berbagai rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh panitia Reuni Akbar diintegarasikan dengan program IKA SMANCA/SMAN 2 Soppeng antara lain* Anjangsana/kunjungan ke guru-guru dan staf yang telah purnabakti, kegiatan amaliah Ramadhan *berupa pembagian ta'jil buka puasa ke penghuni Rutan Kls 1 Makassar dan buka puasa bersama anak yatim, pembersihan lapangan sepak bola H. Andi Mahmud Cangadi sebagai lokasi Reuni Akbar dan pekerjaan plat dekker dari arah jalan poros Makassar Sengkang ke arah lapangan yang merupakan sumbangan Drs. H. Andi Haeruddin, MM (Kadis PU Pemkab. Soppeng) selaku Alumni SMANCA 1988 yang telah dilaksanakan jauh hari sebelumnya.

Kegiatan puncak *Reuni Akbar berlangsung 2 hari setelah perayaan lebaran Idul Fitri 1444 H yakni tanggal 24 April 2023 M/ 3 Syawal 1444 H, dimeriahkan dengan kegiatan jalan santai, pembentukan formasi 40 tahun Alumni SMANCA, senam massal, perlombaan-perlombaan (games) antar angkatan, peresmian Gedung IKA SMANCA dan dilanjutkan dengan Malam halal bihalal”, ungkap Jumardi.*

Kemeriahan makin lengkap dengan adanya pembagian ratusan doorprize yang disumbangkan dari berbagai donatur. Bantuan Event organizer (EO) yang professional juga sangat membantu menjadikan kegiatan reuni akbar kali ini lebih spektakuler dan berbeda dari kegiatan Reuni Akbar sebelumnya.

Sementara itu, Ketua IKA SMANCA/SMAN 2 Soppeng, Kombes Pol. Faizal, S.IK., MH dalam sambutannya mengharapkan kegiatan Reuni akbar 40 tahun ini tidak hanya menjadi ajang silaturahmi, tetapi lebih dari itu agar dijadikan ajang pembelajaran, sarana pembentukan jaringan (network) antar alumni dan memicu kontribusi dan daya kompetisi siswa & alumni SMANCA di level internasional, nasional, provinsi dan khususnya untuk Kabupaten Soppeng.

“Alumni kita memang sudah banyak berkiprah dan menempati posisi strategis di berbagai lembaga pemerintah termasuk kabupaten soppeng, provinsi, nasional bahkan *di lembaga Internasional sekelas PBB seperti Zulkarnaen Usman Alumni 2003 yang saat ini bekerja pada salah satu lembaga PBB di Swiss (World Meteorological Organization),* namun ke depan hal itu masih harus ditingkatkan lagi, tegasnya”.

“Saya secara pribadi telah berdiskusi dengan beberapa pimpinan daerah termasuk alumni SMANCA yang sukses untuk membuka peluang kerjasama, jadi adik-adik harus memanfaatkan peluang ini”, tambah Kombes Pol, Faizal yang juga saat ini masih menjabat Direktur Lalu Lintas Polda Sulawesi Selatan.

Sementara itu Bupati Soppeng H. Andi Kaswadi Razak, S.E. yang menyempatkan diri hadir *sekaligus memberi sambutan pada malam halal bi halal menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya* atas prestasi panitia reuni khususnya keterlibatan langsung Ketua IKA SMANCA yang telah menghadirkan konsep reuni akbar yang begitu unik, tertata dan spektakuler. “Ini luar biasa, kualitas reuni akbar seperti ini belum pernah terjadi di Kabupaten Soppeng”, ungkap Bupati Soppeng dua periode ini.

Ditempat yang sama Bupati Soppeng juga mengakui kerja keras panitia Reuni Akbar 40 Tahun menghadirkan ustadz kondang Muhammad Nur Maulana " keunikan dan kualitas bukan hanya karena total peserta reuni yang melebihi 2.000 orang tetapi terlihat proses perencanaan matang hingga pelaksanaannya pun kelihatan sangat matang. “Tidak gampang menghadirkan dai kondang nasional selevel Ustadz Muhammad Nur Maulana, apalagi di masa seperti saat ini” kagumnya.

Senada dengan ketua IKA SMANCA, H. Andi Kaswadi Razak secara khusus menghimbau kepada para angkatan muda untuk tidak lantas merasa minder dan rendah diri dengan para seniornya yang telah sukses sehingga menutup dan membatasi diri untuk hadir pada acara reuni akbar seperti ini, malah seharusnya dapat menggunakan kesempatan ini sebesar-besarnya untuk menimbah ilmu dan pengalaman. Sebagai kepala daerah, Andi. Kaswadi juga mengharapkan makin meningkatnya kerjasama dan kontribusi alumni SMANCA kepada pemerintah daerah untuk kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat kabupaten soppeng khususnya.

Bupati Soppeng ini juga mengajak para alumni yang hadir untuk memaknai reuni sebagaimana hakekatnya untuk mempererat silaturahmi. “Jika pada tahun ini dapat melaksanakan reuni akbar semegah ini, maka selanjutnya tidak boleh kendor dan harus lebih baik atau setidaknya dipertahankan” tantang Andi Kaswadi menutup sambutannya.

Pada kesempatan tersebut Bupati Soppeng, Ketua IKA SMANCA, Kepala UTD SMAN 2 Soppeng dan Ketua Reuni Akbar diminta melaunching Website IKA SMANCA/SMAN 2 Soppeng sebagai media komunikasi sekaligus media pembelajaran bagi Alumni untuk berbagi pengalaman dan ilmu pengetahuan sebagai salah satu upaya peningkatan sumber daya manusia Alumni SMANCA.

Pada kesempatan penutup, Ustadz Nur Maulana mengantarkan tausiyahnya dengan mengingatkan Kembali definisi dan hakekat dari Qada dan Qadar sebagaimana firman Allah “Segala sesuatu itu di sisi Allah adalah dengan ketentuan takdir” (Q.S. Ar-Ra’d:8). Menurut Ustadz Maulana takdir secara difinisi adalah hal yang sudah ditentukkan, namun demikian Allah SWT masih membuka peluang untuk mengubahnya melalui 3 hal yakni : dengan berdoa, bersedekah dan berbuat baik (contoh silaturrahim). Secara tersirat Ustadz Maulana mengajak peserta reuni memanfaatkan momentum reuni akbar ini untuk memperbanyak berbuat baik dan bersedekah. “Jika tidak mampu menyumbang materi (uang), gunakan sumbangkan pikiranmu, jika tidak punya uang ataupun saran pikiran gunakan tenagamu, jika ketiga itu juga tidak punya gunakan darah mu (sambil melirik spanduk kegiatan donor darah), dan jika ke empat itu masih tidak sanggup juga maka setidaknya berprasangka baiklah!” Kata Ustadz Maulana.

Disela tausiyah dan candaanya Ustadz Maulana sangat terkesan dengan kegiatan amaliah panitia reuni akbar dan juga memuji pribadi Ketua IKA SMANCA yang telah lama dikenalnya “Saya yakin panitia dan alumni SMANCA mendesain dan melaksanakan malam halal bihalal di lapangan terbuka ini bukanlah tanpa alasan, tetapi saya yakin salah satunya agar dapat lebih mendekatkan diri dan memberi manfaat bagi masyarakat sekitar” tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini anggota Forkopimda lainnya antara lain Ketua DPRD Kabupaten Soppeng H. Syahruddin Adam, SE.MM, Kapolres Soppeng AKBP. Dr (C) Muh.Yusuf, SH.S.I.K. M.T,. *Komandan Kodim 1423 Soppeng, hadir pula Prof. Drs. Burhanuddin Arafah, M.Hum, Ph.D selaku ketua IKA SMAN Cangadi periode 1987-1990, Kajari Sorong sebagai salah satu Alumni 1997 SMANCA, Tripika Kec. Liliriaja (plt Camat Liliriaja yang juga Alumni 1997 SMANCA , Kapolsek, Danramil), Lurah Se Kec. Liliriaja, Tokoh Masyarakat dan guru-guru/staf SMANCA/ SMAN 2 Soppeng baik yang masih aktif maupun yang telah purna bakti dan ribuan alumni SMANCA/SMAN 2 Soppeng angkatan 1983 - 2022. (**)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • IKA SMANCA Sukses Gelar Reuni Akbar 40 Tahun Secara Spektakuler di Kabupaten Soppeng

Trending Now

Iklan