Dapat bantuan Provinsi beli Ambulans, Kades Kademangan 'eh malah beli Avanza

JBN.CO.ID
Minggu, 30 Januari 2022 | 13:06 WIB Last Updated 2022-01-30T06:31:42Z


JBN News – DD (49) Mantan Kades Kademangan Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus tindak pidana korupsi penggunaan dana desa dan bantuan provinsi tahun 2018 – 2019.

Hal tersebut diungkap oleh Kapolres Sukabumi Akbp Dedy Darmawansyah SH.SIK. MH, yang didampingi  Kasat Reskrim Polres Sukabumi Akp Rizka Fadhila SH., S.IK, dalam keterangan persnya, Jumat (28/1/2022).

Kasat Reskrim Polres Sukabumi Akp Rizka Fadhila SH, menerangkan, modusnya adalah tidak melakukan kegiatan tetapi tetap dibuat laporan.

Kerugian negara tahun 2018 dana desa sebesar 240 juta rupiah, tahun 2019 sekitar 330 juta rupiah dan ditambah kelebihan bayar volume.

” Total kerugian negara dari hasil audit sekitar 685 juta rupiah, ” ungkap Rizka Fadhila

Jadi tersangka mendapat bantuan provinsi untuk membeli ambulans tetapi tersangka DD ini malah membeli kendaraan avanza untuk keperluan pribadi, ujar Rizka

Lanjut kata Akp Rizka Fadhila bahwa pembelian mobil pribadi yang seharusnya membeli ambulans terjadi pada tahun 2019 dengan harga 200 juta rupiah.

”Seharusnya dibelikan modelnya AVV namun yang bersangkutan malah dibelikan model avanza untuk keperluan pribadi,” imbuh Rizka.

Berkas perkara tersangka DD ini sudah dinyatakan lengkap oleh kejaksaan dan minggu depan akan diserahkan kepada pihak penuntut umum. Tersangka diancam tindak pidana korupsi dengan ancaman hukum minimal 4 tahun dan maksimal 20 tahun penjara, pungkasnya (A2M)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dapat bantuan Provinsi beli Ambulans, Kades Kademangan 'eh malah beli Avanza

Trending Now

Iklan