Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh dan Efek Sampingnya

JBN.co.id
Minggu, 28 November 2021 | 08:53 WIB Last Updated 2021-11-28T01:53:34Z


JBN NEWS ■ Kunyit adalah salah satu tanaman herbal yang biasa digunakan sebagai bumbu masak. Namun, kunyit bukan hanya bermanfaat sebagai penyedap maupun pewarna masakan, bisa juga digunakan sebagai obat-obatan alami.

Kunyit memiliki warna kuning yang pekat lantaran mengandung curcumin. Tanaman ini mampu membuat tubuh sehat dan mencegah berbagai penyakit.

Curcumin merupakan bahan aktif yang memiliki efek anti-peradangan yang cukup kuat, sehingga mampu mencegah berbagai penyakit.

Kunyit adalah salah satu rempah-rempah yang populer di Amerika bagian tengah dan Asia, termasuk Indonesia. Tanaman herbal ini juga kerap dijadikan bahan obat tradisional di India.

Menurut dokter di UCLA, curcumin dalam kunyit dapat memblokir enzim yang mendorong pertumbuhan kanker di kepala dan leher. Pusat Medis Universitas Maryland juga meneliti bahwa sifat antioksidan curcumin mampu memerangi radikal bebas, sehingga terhindar dari berbagai penyakit kronis.

Di sisi lain, kunyit juga dianjurkan bagi yang ingin diet menurunkan berat badan guna terhindar dari diabetes dan obesitas. Curcumin kunyit dapat menekan respons peradangan pada sel tubuh, termasuk sel pankreas, lemak, dan otot. Hal itu dipercaya bisa menurunkan kadar gula darah, dan kolesterol dalam tubuh. Kunyit juga memiliki zat yang mampu larut dalam lemak.

Kunyit banyak dijual di pasaran dengan harga yang relatif murah. Jika tak ingin memarutnya karena bisa membuat tangan menguning, Anda bisa membeli kunyit berupa bubuk atau yang sudah menjadi jamu.

Sebenarnya lebih baik apabila Anda membuat ramuan kunyit sendiri ketimbang membeli yang instan. Biasanya di pasaran, kunyit tak lagi murni dan segar lantaran telah tercampur dengan bahan lainnya, termasuk gula atau pemanis buatan.

20 Manfaat Kunyit bagi Kesehatan Tubuh
Meningkatkan kinerja otak
Meredakan peradangan (radang tenggorokan hingga peradangan usus besar)
Mengobati maag
Mengatasi perut kembung
Mengurangi rasa mual
Meredakan nyeri haid
Menurunkan berat badan
Mengendalikan gula darah dan mencegah diabetes
Melawan infeksi kulit
Obat alergi alami
Menghambat pertumbuhan sel kanker
Menjaga kesehatan pencernaan
Penawar racun bisa ular
Pereda nyeri
Menurunkan risiko penyakit jantung
Atasi sembelit dan diare
Mencerahkan kulit
Mengobati jerawat
Mencegah penuaan diri
Mencegah depresi atau stres (***)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh dan Efek Sampingnya

Trending Now

Iklan