Gerakkan Ekonomi Umat, Syauqi Maruf Amin Inisiasi Kerjasama Dengan 17 Pesantren

JBN.co.id
Jumat, 26 Maret 2021 | 09:29 WIB Last Updated 2021-03-26T02:29:52Z
Gerakkan Ekonomi Umat, Syauqi Maruf Amin Inisiasi Kerjasama Dengan 17 Pesantren

JBN NEWS ■ Putra Wakil Presiden RI Syauqi Maruf Amin bersama jajaran pengurus Santri Milenial Centre (SiMaC) bertandang ke Ponpes Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo, Jawa Timur, pada Kamis (25/3).

Silaturahim itu dilakukan untuk membangun kerjasama antara SiMaC dengan jaringan 17 pesantren di seluruh Jawa Timur.

Syauqi Maruf Amin selaku Dewan Pembina SiMaC di hadapan para seluruh pimpinan pesantren mengatakan, dalam membangun ekonomi keummatan pada dasaranya harus berbasis pada pesantren.

Kata pria yang karib disapa Gus Oqi ini, ekonomi ummat bisa berjalan efektif saat dimulai dari pesantren, baik pada level mikro hingga proses bisnis yang jangkaunnya luas.

Ia menyebutkan, Pondok Pesantren Nurul Jadid adalah salah satu pesantren yang dapat dijadikan patokan bagaimana sebuah pesantren dan jaringannya mengembangkan ekonomi pesantren, santri dan alumninya.

"Salah satunya gairah itu ada di Ponpes Nurul Jadid. Hanya saja potensi dan kekuatan antar pesantren ini perlu dijahit dan disinergikan sebagai sebuah upaya penguatan ekonomi ummat," katanya.

Sementara itu, Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Jadid, KH Zuhri Zaini menyambut baik upaya SiMaC membangun kolaborasi dengan simpul pesantren di Jawa Timur.

Kata Kiai Zuhri, sejak sebelum masa kemerdekaan Nahdlatut Tujjar sudah menjadi cita-cita utnuk menciptakan sebuah tatanan ekonomi yang mandiri.

"Semangat nahdlatut tujjar memang sudah menjadi cita-cita kami sejak lama untuk menjadikan pesantren mandiri secara ekonomi, sehingga peran pesantren memiliki peran kemasyarakatan," demikian kata Kiai Zuhri.

Acara silaturahim itu juga diakhiri dengan nota kesepahaman membangun kerjasama antara PT Kopi Abah dengan Koperasi Sarekat Bisnis Pesantren yang terdiri dari 17 pesantren di Jawa Timur.

Upaya kerjasama dilakukan dalam hal pengembangan dan distribusi produk SiMaC yakni Kopi Abah.

Selain itu, kedua belah pihak bersepakat saling mendukung dalam membangun sistem informasi terintegrasi.

Tujuannya, memaksimalkan berbagai upaya pengembangan platform bisnis di masing-masing pesantren. (RMol)



Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gerakkan Ekonomi Umat, Syauqi Maruf Amin Inisiasi Kerjasama Dengan 17 Pesantren

Trending Now

Iklan