Peluncuran Ponpes Siaga Candi di Kecamatan Karanganyar Purbalingga, Ini Tujuannya

JBN.co.id
Kamis, 16 Juli 2020 | 03:28 WIB Last Updated 2020-07-15T20:28:13Z
      Peluncuran Ponpes Siaga Candi di Kecamatan Karanganyar Purbalingga, Ini Tujuannya

JBN NEWS ■ Polres Purbalingga membentuk Pesantren Siaga Candi di Pondok Pesantren (Ponpes) Roudlotus Sholichin Sholichat, Desa Kalijaran, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten PurbaIingga. Peluncuran Pesantren Siaga Candi dilaksanakan oleh Kapolres Purbalingga AKBP Muchammad Syafi Maulla, Rabu (15/7/2020).

Kapolres Purbalingga AKBP Muchammad Syafi Maulla dalam kesempatan itu mengatakan bahwa hari ini kita melaunching Pondok Pesantren Siaga Candi di Ponpes Roudlotus Sholichin Sholichat Karanganyar. Pesantren ini, merupakan pesantren siaga yang pertama kali terbentuk di Kabupaten Purbalingga.

"Di Pondok Pesantren Siaga Candi, sudah diterapkan protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19. Diantaranya penyediaan tempat cuci tangan, penggunan masker dan pengaturan jarak dalam setiap kegiatan di pesantren," ucapnya.

Lebih lanjut kapolres menyampaikan bahwa ada dua kata kunci yang harus dilaksanakan dalam pencegahan penyebaran Covid-19 yaitu kesadaran dan disiplin. Dalam pencegahan diperlukan kesadaran seluruh masyarakat dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Dalam pesantren siaga kita harus siaga dalam pencegahan penyebaran Covid-19, disiplin dalam penerapan protokol kesehatan dan siap dalam menghadapi dampak dari pandemi seperti ketahanan pangan termasuk juga kamtibmas," ucapnya.

Kapolres berharap dengan adanya Ponpes Siaga Candi, penerapan protokol kesehatan yang sudah dilakukan bisa disampaikan secara luas kepada masyarakat. Sehingga tidak hanya intern namun juga ekstern semua bisa berkontribusi terhadap pencegahan penyebaran Covid-19.

Pimpinan Ponpes Roudlotus Sholichin Sholichat, Mustangid Bilah menyampaikan bahwa pihaknya mohon dukungan dan bimbingan dengan penerapan pesantren ini menjadi Pondok Pesantren Siaga Candi. Pihaknya mendukung upaya positif pemerintah dalam pencegahan penyebaran Covid-19.

"Di pondok pesantren ini kita sudah terapkan protokol kesehatan dalam pencegahan virus Corona. Kita lakukan upaya pencegahan karena mencegah lebih baik daripada mengobati," ucapnya.

Dalam peluncuran Pesantren Siaga Candi dilaksanakan juga penyerahan bantuan dari Polres Purbalingga. Bantuan yang diserahkan berupa alat pendukung penerapan protokol kesehatan seperti tempat cuci tangan, sabun dan hand sanitizer serta masker. Diberikan juga bantuan sosial untuk pondok pesantren.

■ Imam Santoso/Hms
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Peluncuran Ponpes Siaga Candi di Kecamatan Karanganyar Purbalingga, Ini Tujuannya

Trending Now

Iklan