Kebakaran Kubah Masjid Jakarta Islamic Center, Begini Kronologinya

JBN.co.id
Rabu, 19 Oktober 2022 | 19:52 WIB Last Updated 2022-10-19T12:56:52Z

JBN NEWS | JAKARTA – Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mendatangi Masjid Jakarta Islamic Center (JIC) yang terbakar, pada  Rabu, (19/10/2022) sore. Heru memastikan hanya bagian kubah dari Masjid JIC yang terdampak kebakaran itu.

Diketahui, Heru didampingi Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta Satriadi Gunawan.

"Kubah saja, kubah," kata Heru dalam rekaman yang diterima dari Humas Pemprov DKI Jakarta.

Selain itu, dia juga memastikan kebakaran di Masjid JIC sudah padam seluruhnya. Dia pun mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh jajaran dinas terkait.

"Sudah dilokalisir, api sudah dipadamkan oleh dinas kebakaran. Saya terima kasih kepada dinas kebakaran yang gerak cepat," kata dia.

Kendati demikian, Heru menyebut penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan pihak kepolisian.

Lebih lanjut, dia menyinggung mengenai renovasi kubah masjid sebelum terjadinya. Namun, dirinya tak ingin berasumsi soal penyebab terjadinya kebakaran kubah Masjid JIC tersebut.

"Itu kan masih ada pekerjaan waktu itu, renovasi, tapi nanti penyebab intinya sedang diteliti ya," kata dia.

Kronologinya

Sementara, Kasat Intelkam Polres Metro Jakarta Utara, AKBP Slamet Wibisono Yanto SIK MSI melalui surel menjelaskan kronologinya.

Berawal dari 4 orang saksi sebagai pekerja dari PT. Dwi Agung Sentosa Pratama sedang melakukan Renovasi Atap Kubah Masjid Islamic Center.

Renovasi tersebut menggunakan bahan Triplex yang pada saat ingin memasang triplex atap Kubah Masjid tersebut para saksi melelehkan membran (aspal gulung)  untuk menempelkan bahan atap tersebut menggunakan alat bakar. 

Diduga percikan dari alat bakar mengenai glasbul sampai hingga timbulkan api, kemudian saksi berupaya memadamkan api dengan menggunakan apar, namun api semakin membesar dan akhirnya Kubah Masjid Islamic keseluruhan terbakar. 

Kemudian datang 9 Unit Damkar yang di pimpin oleh Bapak Eko Budiyanto melakukan penanganan kebakaran. Kerugian belum dapat di taksir.

Sudah Padam

Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Keselamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta Satriadi menyampaikan informasi terbaru kebakaran Kubah Masjid Islamic Center, Jakarta Utara.

Satriadi menyebutkan bahwa pada pukul 17.36 WIB total ada 21 unit mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) dan 90 orang personel yang dikerahkan di lokasi kebakaran Kubah Masjid Islamic Center.

Satriadi menjelaskan metode pemadaman yang dilakukan Gulkarmat ialah dengan menggunakan mobil tangga karena bangunan yang tinggi. Namun, tetap dilakukan penyemprotan dari bawah agar api tak merambat.

"Karena bangunan tinggi kita menggunakan mobil tangga tapi unit pertama dengan pompa dari bawah dulu agar tidak terjadi perambatan lagi," kata Satriadi kepada wartawan, Rabu (19/10/2022).  

Lebih lanjut, Satriadi menyampaikan bahwa saat ini proses pendinginan sudah dilokalisir dan api sudah seluruhnya padam.

"Jadi sampai saat ini sudah proses pendinginan, sudah dilokalisir lokasinya, tidak ada api lagi hanya kubahnya jatuh turun ke bawah," jelas dia.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kebakaran Kubah Masjid Jakarta Islamic Center, Begini Kronologinya

Trending Now

Iklan