Anggota DPRD Soppeng Syamsuddin Jadi Khatib Shalat Idul Adha 1443 H di Desa Masing

JBN.CO.ID
Minggu, 10 Juli 2022 | 13:21 WIB Last Updated 2022-07-10T06:22:07Z



JBN.CO.ID,- Soppeng, - Anggota DPRD Soppeng dari Fraksi Golkar Syamsuddin, SS. M. Si bertindak sebagai khatib pada sholat Idul Adha 1443 H di Masjid Taqwa DaoE Desa Masing Kecamatan Lililrilau Kabupaten Soppeng,Minggu (10/7/22).

Dalam khutbahnya Syamsuddin, SS. M. Si menyampaikan pentingnya meneladani ketaatan dan pengorbanan Nabi Ibrahim AS dan keluarganya serta menjelaskan makna Idul Adha.

" Idul Adha juga disebut Hari Raya Haji, dimana kaum muslimin yang telah menunaikan haji yang utama yaitu wukuf di Arafah. Mereka semua memakai pakaian serba putih dan tidak berjahit yang disebut pakaian ihram melambangkan persamaan aqidah dan pandangan hidup, mempunyai tatanan nilai yaitu persamaan dalam segala bidang kehidupan. Tidak dibedakan dalam strata sosial, sama-sama -mendekatkan diri kepada Allah SWT sambil bersama-sama membaca kalibat talbiyah," Ungkap Syamsuddin.

" Disamping dinamakan hari raya haji, juga dinamakan Idul Qurban karena merupakan hari raya yang menekankan pada arti berkorban. Masalah pengorbanan, dalam sejarah Islam kita diingatkan pada peristiwa yang dialami Nabiyullah Ibrahim AS beserta keluarganya Ismail dan Siti Hajar." Katanya lagi.

" Tentu hikmah yang dapat diambil dari pelaksanaan Sholat Idul Adha bahwa hakikat manusia adalah sama, yang membedakan hanyalah Taqwa. Demikian juga perintah dan ketentuan yang telah digariskan Allah SWT harus dilaksanakan tanpa reserve, harus disambut sami'naa wa ata' naa dan Nabi Ibrahim AS dan keluarga telah memberikan contoh dan ketaatan dan pengorbanan kepada Allah SWT. Taro buru' watakkalE nennia waramparang, assaleng dEto natappinra tauE nennia atturu'E. MatE tubu , matE watakkalE temmatE rampE-rampE," Lanjutnya lagi.

Dalam menyampaikan materi khutbah khatib Syamsuddin menggunakan bahasa yang didominasi bahasa Bugis yang disertai pesan pesan lontara dan kearifan lokal yang tentu sejalan dengan nafas Islam untuk lebih mudah dipahami jamaah.

Syamsuddin juga mengungkapkan bahwa kehadirannya sebagai khatib pada sholat Idul Adha 1443 H di kampung DaoE adalah sebagai sarana yang tepat menjaga silaturahmi bersama masyarakat dan menyapa konstituen sebagai wakil rakyat, Pungkasnya.

Hal senada juga diungkapkan Ketua Pengurus Masjid Taqwa H. Ansar yang merupakan salah satu tokoh masyarakat di Kecamatan Lilirilau " Momen Hari Raya Idul Adha 1443 H merupakan moment bermakna dan punya kebahagiaan tersendiri bagi kami dengan hadirnya Anggota DPRD Soppeng Fraksi Golkar Bapak Syamsuddin, SS. M. Si ditengah tengah warga Kampung DaoE dan bersedia menjadi khatib pada pelaksanaan sholat Idul Adha kali ini,Tutup H. Ansar.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Anggota DPRD Soppeng Syamsuddin Jadi Khatib Shalat Idul Adha 1443 H di Desa Masing

Trending Now

Iklan