One Way System Diberlakukan di Jalan Tol Dari Arah Cikampek Hingga GT Kalikangkung

JBN.co.id
Sabtu, 30 April 2022 | 18:31 WIB Last Updated 2022-04-30T11:31:13Z

JBN.CO.ID | SEMARANG - Polda Jawa Tengah akan memberlakukan sistem jalur satu arah (one way system) di jalur tol dari arah barat mulai Km.49 Cikampek hingga Gerbang Tol Kalikangkung Semarang. Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jateng Kombes Pol Agus Suryonugroho.

Berdasarkan jadwal, one way system akan diberlakukan pada masa mudik tanggal 28-30 April pada jam 17.00 s/d 24.00 WIB.  

“Hari ini kita besiap melakukan oneway pada jam 17 sampai 24 malam. Persiapan dan antisipasi sudah dilakukan.  Namun nanti akan melihat instruksi dari Korlantas Polri,” tutur Dirlantas kepada media di Posko Terpadu GT Kalikangkung, hari ini.

Disampaikan, Polda Jateng telah mematangkan rencana one way secara teknis dan taktis. Sebelum jam 7, arus yang mengarah ke barat akan dikosongkan terlebih dahulu dan diarahkan keluar jalur tol.

“Jadi sebelum pemberlakuan oneway, dua jam sebelumnya kita sudah action mengosongkan jalur yang mengarah ke barat (Jakarta),” terang Dirlantas.

Selain itu, dia menegaskan telah mengantisipasi arus mudik yang melintasi di luar jalur tol sebagai dampak pemberlakuan sistem jalur satu arah tersebut. Sejumlah rekayasa jalan telah disiapkan sehingga tidak terjadi penumpukan kemacetan di spot-spot tertentu.

“Kita maksimalkan tidak terjadi kemacetan di Jateng. Apabila terjadi kepadatan arus mudik, tim urai dari Ditlantas dan Polres jajaran sudah siap," terangnya. 

Terkait kelancaran perjalanan mudik, Kapolda Jateng melalui Kabidhumas Kombes Pol M Iqbal Aqudusy menyampaikan Polda Jateng telah menyiapkan beberapa pilihan alternatif jalur mudik bagi masyarakat selain jalur tol. 
 
Pada jalur-jalur alternatif itu, kata dia, Polda Jateng telah menggelar ratusan personil serta sejumlah pos pengamanan atau pos pelayanan. 

"Semuanya telah tergelar pospam dan siap untuk melayani pemudik. Adapun jalur alternatif yang bisa dipilih antara lain jalur pantura, jalur tengah, jalur selatan dan jalur pantai selatan (jalur selatan-selatan),” ujarnya.

Dirinya kembali berpesan kepada para pengguna jalan yang menempuh perjalanan jauh agar memanfaatkan fasilitas yang ada berupa rest area untuk menjaga stamina dalam berkendara.

“Bila capek segera istirahat, jangan memaksakan diri. Mari kita ciptakan perjalanan mudik yang nyaman, namun tetap aman," kata Kabidhumas.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • One Way System Diberlakukan di Jalan Tol Dari Arah Cikampek Hingga GT Kalikangkung

Trending Now

Iklan