Percepat Mobilisasi Sapi Lokal, Badan Pangan Nasional Cek Kesiapan Lahan Kandang Sapi BUMN

JBN.CO.ID
Selasa, 15 Maret 2022 | 08:54 WIB Last Updated 2022-03-15T01:57:17Z


Jakarta (JBN) – Badan Pangan Nasional NFA (National Food Agency) mensinergikan Industri Pangan dan Pupuk, Kementerian BUMN dan Dirjen PKH Kementerian Pertanian guna mempercepat mobilisasi sapi lokal dengan melakukan peninjauan lahan kandang sapi milik Pupuk Kujang Cikampek (PKC) Pupuk Indonesia Holding Company Group.

“Pupuk Kujang mempersiapkan kandang sapi kapasitas 1.800 ekor sapi, dan Kementerian Pertanian akan mempersiapkan IKH (Instalasi Karantina Hewan), paralel juga stok sapi lokal bisa langsung ke kandang. Sedangkan Holding Pangan ID FOOD melalui PT Berdikari akan B2B (Business to Business) dengan Pupuk Kujang.”Jelas Arief Prasetyo Adi, Kepala Badan Pangan Nasional/NFA (14/3). 

Menurutnya kerjasama ini pun diharapkan dapat berjalan dalam dua tiga minggu kedepan. 

Arief melanjutkan mulai dari sumber sentra produksi sapi dikumpulkan di kandang setelah itu nanti kerjasama juga dengan rumah Rumah Potong Hewan  kemudian distribusi melalui pedagang – pedagang pasar. 

“Jadi akan menjadi kesatuan ekosistem pangan, bangun ekosistem ini tidak mudah tetapi harus dikerjakan, jadi hari ini Badan Pangan Nasional, BUMN, Asosiasi, swasta berkolaborasi seperti yang sering saya sampaikan bahwa perlu kolaborasi seluruh pihak stakeholders, salah satu maksudnya ya seperti ini.” tandas Arief. 

Sementara itu, Asisten Deputi Industri Pangan dan Pupuk Kementerian BUMN, Zuryati Simbolon mengatakan bahwa tahun 2022 ini pangan akan menjadi prioritas dari Kementerian BUMN dalam mendukung ketahanan pangan nasional, salah satunya BUMN Holding Pangan sudah terbentuk. 

“Sekarang kita sedang berusaha untuk membentuk ekosistem pangan untuk semua komoditi, kunjungan kerja hari ini bersama Kepala Badan Pangan Nasional kolaborasi Holding Pangan ID Food melalui PT Berdikari dan PKC, Berdikari yang menyediakan sapinya, PKC menyediakan kandangnya.”Terang Zuryati 

Zuryati melanjutkan kegiatan ini merupakan dukungan Kementerian BUMN terhadap stabilisasi harga pangan khususnya daging sapi dan daging kerbau, salah satunya dengan membentuk supply chain sinergi BUMN. Ia mengharapkan kedepan ekosistem ini sudah establish dan importasi bisa semakin berkurang, pungkasnya

(R/Jbn)


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Percepat Mobilisasi Sapi Lokal, Badan Pangan Nasional Cek Kesiapan Lahan Kandang Sapi BUMN

Trending Now

Iklan