Rajut Tali Kasih, Kornas Ganjarist dan Imago Dei Gelar “Natal Bersama” dan Beri Bantuan untuk Anak Jalanan Jakarta

JBN.CO.ID
Senin, 24 Januari 2022 | 11:30 WIB Last Updated 2022-01-24T04:37:01Z

JBN News - Merawat kepedulian pada sesama dan terus merajut sikap toleransi kebersamaan merupakan salah satu prinsip dan napas organisasi yang senantiasa ditebar relawan relawan Gangarist. 

Kali ini, bersama komunitas Imago Dei Ministry, Kornas Ganjarist menggelar kegiatan perayaan “Natal Bersama” sekaligus memberikan bantuan anak-anak jalanan yang selama ini terpinggirkan dalam gemuruh pembangunan. 

Bertajuk “Kasih dan Sukacita dalam Toleransi Kebersamaan”, kegiatan ini digelar Minggu (23/1/2022) di Gedung Pertemuan Pertamina Cempaka Putih Jakarta. 

Selain jajaran pengurus pusat dan relawan Ganjarist serta Komunitas Imago Dei, kegiatan ini juga dihadiri oleh perwakilan tokoh agama dan anak-anak jalanan. 

Dalam acara ini, secara simbolis, Kornas Ganjarist dan Komunitas Imago Dei memberikan bantuan kepada anak-anak jalanan berupa satu set meja menggambar yang diserahkan langsung oleh Ketum Kornas Ganjarist, Eko Kunthadi dan perwakilan Imago Dei, Jefri Dianto. 

Ketua Umum (Ketum) Kornas Ganjarist Eko Kuntadhi memaparkan kegiatan perayaan Natal ini relawan Ganjarist ini dilakukan secara keroyokan. 

“Ganjarist merayakan Natal secara keroyokan. Panitia terdiri dari beragam agama. Kita mau kembali membiasakan tentang toleransi. Tentang kemajemukan Indonesia”, jelasnya.

Eko Kuntadhi menambahkan anugerah terbesar manusia dibumi adalah adanya keberagaman. 

“Keberagaman memang anugerah kita. Tetapi keberamagan harus diperjuangkan. Jangan sampai usaha-usaha agar Indonesia jadi homogen merusak makna kebangsaan ini. Sebab sesungguhnya heterogenitas di Indonesia adalah keniscayaan”, ujarnya.

Sementara itu, Pendiri Komunitas Imago Dei Jefri Dianto mengharapkan lewat perayaan “Natal Bersama” ini makin menumbuhkan kesadaran akan kepedulian terhadap kaum terpinggirkan. 

“Harapan kami, lewat perayaan Natal ini, kiranya kita menyadari bahwa Natal bukan sekedar perayaan yang penuh kemewahan. Tetapi, dapat juga dijadikan sebagai momentum untuk membuka mata hati banyak orang agar lebih perduli terhadap kaum marjinal. Dengan demikian, akan semakin banyak orang yang mengaplikasikan kasih Natal lewat perbuatan baik. Disadari atau tidak, bangsa ini membutuhkan perbuatan baik bukan sekedar perkataan yang baik. Perbuatan baik dapat mengalahkan perbuatan yang tidak baik. Kasih menutupi segalanya”, harapnya. 

Dewan Pembina Ganjarist Kyai Enha turut menegaskan bahwa di atas muka bumi ini, usia keragaman sudah sangat tua. 

“Tugas kita adalah merayakan keragaman dengan saling mengenal (ta'āruf), saling memahami (tafāhum), saling toleran (tasāmuh), saling menolong (ta'āwun) dan saling menanggung (takāful). Siapapun kita dan apapun latar belakang kita, kita adalah saudara dalam kemanusiaan. 

Dengan demikian, dia sangat mengapresiasi atas gagasan memperingati Natal Kebangsaan yang digagas oleh Ganjarist Indonesia. 

“Bangsa ini membutuhkan karya nyata untuk menegakkan arti toleransi sebenarnya di tengah ancaman radikalisme yang tak kunjung berhenti. Inilah makna sesungguhnya dari kasih dan sukacita dalam toleransi kebersamaan”, tegasnya. 

Yang menarik dalam perayaan “Natal Bersama” ini, yang menjadi ketua panitia pelaksananya adalah seorang Muslimah yakni Fahmia Anggraini

Sebagai informasi, Imago Dei Ministry merupakan suatu komunitas berasal dari berbagai latar belakang gereja yang berbeda, namun memiliki kerinduan untuk memberitakan injil kepada bangsa-bangsa.

Imago Dei Ministry dibentuk sebagai tindak lanjut dari kegerakan Megacities (Jakarta 2008) yang merupakan salah satu bentuk pelayanan dari YWAM Perth, Australia dan difasilitasi oleh TCI (Transformation Connection Indonesia). Dimana, mereka mengirimkan pelayan Tuhan misionaris muda dari berbagai Negara untuk bekerja sama dengan gereja lokal, komunitas Kristen, hamba Tuhan dan pemuda pemuda lokal untuk memberitakan kabar baik serta memperlengkapi orang orang lokal untuk menjangkau kota Jakarta. (HSMY).
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Rajut Tali Kasih, Kornas Ganjarist dan Imago Dei Gelar “Natal Bersama” dan Beri Bantuan untuk Anak Jalanan Jakarta

Trending Now

Iklan