Lantik 459 Jaksa Baru, Jaksa Agung Tegaskan Jaga Integritas dan Profesionalitas

JBN.co.id
Rabu, 15 Desember 2021 | 18:40 WIB Last Updated 2021-12-15T11:40:54Z

JBN News - Jaksa Agung Republik Indonesia Burhanuddin memberikan amanat pada Pelantikan Jaksa Baru serta sekaligus menutup Pendidikan dan Pelatihan Pembentukan Jaksa (PPPJ) Angkatan LXXVIII (78) Tahun 2021 bertempat di Aula Sasana Adhi Karya Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan Republik Indonesia, Ragunan, Jakarta Selatan, dilaksanakan secara daring dan luring, Rabu (15/12/2021).

Dalam amanatnya, Jaksa Agung RI mengucapkan selamat kepada 459 (empat ratus lima puluh Sembilan) orang yang baru saja dilantik, serta mengucapkan sumpah dan janji menjadi Jaksa, setelah selama kurang lebih 4 (empat) bulan mengikuti pendidikan dan pelatihan untuk dibentuk menjadi seorang Jaksa yang tangguh. 

“Selain itu, Jaksa Agung mengucapkan terima kasih kepada Kepala Badan Diklat, beserta segenap jajarannya, Widyaiswara, dan Tenaga Pengajar atas upaya dan kerja keras dalam memberikan bimbingan, ilmu pengetahuan, serta pengalamannya selama penyelenggaraan diklat ini meskipun Pandemi Covid-19 belum mereda, namun tetap semangat mengerahkan seluruh tenaganya dalam rangka menempa, merubah, dan membentuk para peserta PPPJ.


Jaksa Agung menyampaikan tentunya hari ini adalah hari yang sangat bersejarah bagi saudara sekalian, karena terhitung sejak hari ini status saudara telah berubah menjadi seorang Jaksa. Saya melihat ada rasa bangga dan bahagia terpancar dari wajah saudara sekalian, dan tentunya orang tua serta keluarga besar kalian juga turut merasa bangga.

“Namun ingat, ini juga menjadi hari pertama saudara memikul tanggung jawab besar sebagai seorang penegak hukum. Sumpah dan janji yang baru saja saudara ucapkan hendaknya dapat saudara maknai dengan kesungguhan hati, sehingga sumpah dan janji tersebut dapat saudara penuhi dalam setiap pelaksanaan tugas,” jelas Jaksa Agung RI.

Jaksa Agung RI mengatakan PPPJ adalah langkah awal saudara sebagai Jaksa yang akan mewarnai atau menentukan langkah karier saudara berikutnya sebagai aparat penegak hukum. 

Untuk itu carilah pengalaman tugas sebanyak-banyaknya, belajarlah kepada para senior kalian di tempat tugas baru.
Oleh karena itu, segeralah beradaptasi dan bersinergi dengan lingkungan kerja baru kalian, sinergitas dan kolaborasi yang solid merupakan kunci kesuksesan saudara dalam mengemban tugas. 

Kehadiran saudara ditempat tugas baru harus mampu mendorong perubahan etos kerja, jangan salah gunakan kewenangan, dan jangan tergoda bujuk rayu untuk melakukan perbuatan tercela. Ingat, karier saudara masih panjang, maka saya harap saudara-saudara dapat segera bersinergi di satuan kerja, ujar Jaksa Agung.

"Jaksa Agung RI berpesan, untuk terus tingkatkan standar integritas, intelektualitas, dan profesionalitas saudara, karena hal tersebut akan membentengi perilaku saudara dari tindakan-tindakan yang melenceng dan tercela. Kembali saya tekankan, bahwa menghukum anak buah atau mitra kerja itu terasa berat bagi saya, namun saya tidak akan ragu melakukannya demi kebesaran institusi".

“Sering kali saya katakan, saya tidak membutuhkan Jaksa yang pintar tetapi tidak bermoral, dan saya juga tidak butuh Jaksa yang cerdas tetapi tidak berintegritas. Yang saya butuhkan adalah para Jaksa yang pintar dan berintegritas,” ujar Jaksa Agung RI. 

Secara formil syarat untuk menjadi Jaksa pada saat ini memang masih mensyaratkan gelar kesarjanaan S-1 (Strata Satu), namun pada kenyataannya perkembangan kompleksitas dan problematika penegakan hukum menuntut aparat penegak hukum khususnya jaksa tidak cukup hanya sampai jenjang pendidikan sarjana S-1, idealnya pada saat ini seorang Jaksa setidak-tidaknya harus menempuh jenjang pendidikan S-2. oleh karena itu saudara harus terus berusaha meningkatkan kapasitas diri dengan melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

“Satu hal yang perlu saudara sadari dan syukuri, bahwa setelah menyandang jabatan baru sebagai Jaksa itu berarti saudara sekalian adalah calon pimpinan masa depan Kejaksaan.


Jaksa Agung mengucapkan selamat bertugas kepada para insan Adhyaksa Muda dimanapun saudara ditugaskan. Jalankan tugas dengan amanah, penuh keikhlasan dan rasa syukur. Jaga Integritas mu, Jaga Profesionalitas mu, Jagalah nama baik diri sendiri, keluarga, dan institusi selama bertugas, tandasnya.

Usai memberi sambutan, Jaksa Agung menyerahkan piagam dan mendali kepada 3 (tiga) orang penerima penghargaan Peringkat Pertama dari 10 Peserta Terbaik (The Best Ten), yaitu peserta MUHAMMAD AGRA SYAFIQUDIN YUSUF, SH dari Kejaksaan Negeri Nagan Raya diberikan predikat penghargaan ADHI ADHYAKSA. 

Serta, penghargaan Peserta dengan Nilai Akademis Tertinggi diberikan kepada ARI BUDIARTI, S.H dari Kejaksaan Negeri Kaur.  Penghargaan kepada Peserta Dengan Kepemimpinan Terbaik diberikan kepada ARIF DARMAWAN WIRATAMA, S.H. dari Cabang Kejaksaan Negeri Bandar Lampung di Pelabuhan Panjang, selaku Ketua Senat PPPJ Angkatan 78 (Rjb)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Lantik 459 Jaksa Baru, Jaksa Agung Tegaskan Jaga Integritas dan Profesionalitas

Trending Now

Iklan