Jadi Narsum Lokakarya AHL, Bupati Soppeng Paparkan Layanan gerakan "Mappadeceng"

JBN.co.id
Senin, 29 November 2021 | 16:58 WIB Last Updated 2021-11-29T09:58:43Z


JBN NEWS ■ Bupati Soppeng H. Andi Kaswadi Razak, SE hadir sebagai Narasumber dalam acara Talkshow dan Sharing Session dalam kegiatan Lokakarya Advokasi Horizontal Learning (AHL), Pembelajaran Pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) di Daerah.

Kegiatan ini mengambil Tema "Menguatkan Peran Kepala Daerah Membudayakan GERMAS dalam Kehidupan Bersama" dilaksanakan di Tentrem Hotel, Jl. Gajahmada Kembangsari, Kota Semarang, Jawa Tengah, Senin, (29/11/2021).

"Kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid, sebagian besar peserta lain berada di tempat masing-masing dan mengikuti kegiatan secara daring".

Bupati Soppeng H. Andi Kaswadi Razak, selaku Narasumber menyampaikan materi tentang bagaimana penerapan Germas di Kabupaten Soppeng diantaranya membiasakan aktivitas fisik, konsumsi pangan sehat, deteksi dini faktor risiko penyakit, kebersihan lingkungan serta melakukan edukasi perilaku sehat. 

Bupati Soppeng juga memaparkan mekanisme monitoring dan evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah daerah kab. soppeng, dimana Monitoring dilakukan secara terintegrasi melalui gerakan "Mappadeceng" yang melibatkan semua SKPD dan semua pihak. 

Adapun Rapat Kerja dan Koordinasi dalam rangka monitoring dan evaluasi juga dilakukan secara terintegrasi pada rapat pokja AMPL dan Forum Kabupaten/Kota Sehat, serta hasil monev kemudian dikumpulkan di Bappelitbangda sebagai Koordinator Germas Kab. Soppeng,  jelas Bupati Soppeng.

Ia juga menjelaskan, terkait Germas di Kab. Soppeng, yaitu melakukan gerakan Sobat (Soppeng bebas ancaman tinja), Desa Stop BABS, PEDAL (Peduli Pilar) STBM, Inovasi Ganra Bersepeda (Gerakan Aksi Pemberdayaan Sekolah Peduli Demam Berdarah). 

Dalam mendukung dan menindaklanjuti program GERMAS, Andi Kaswadi menuturkan, kalau pemerintah Kabupaten  Soppeng sejak tahun 2017 telah meluncurkan program mappadeceng yang pada dasarnya merupakan gerakan masyarakat di desa dan kelurahan yang didampingi  oleh masing-masing SKPD untuk melakukan pembaharuan dan merubah prilaku masyarakat agar tercipta lingkungan hidup sehat, 

Kami bersyukur, hasilnya sudah mulai kelihatan dengan beberapa penghargaan yang telah kami raih seperti kab. sehat, sanitasi award, inovasi sobat, pungkas Andi Kaswadi.

Selain Bupati Soppeng kegiatqn ini juga mengjadirkan Narasumber lainnya, diantarannya, Walikota Semarang, Bupati Boyolali, Bupati Pringsewu, Bupati Gianyar, Bupati Sleman

Usai kegiatan dilanjutkan dengan  pemberian apresiasi oleh Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Kementerian Kesehatan
RI kepada para narasumber.

Kegiatan ini juga mengundang 180 Bupati/Walikota lokus GERMAS 2021, Kepala Bappeda, Kepala Dinas Kesehatan dan OPD terkait. Selain itu diundang pula Kabupaten/Kota anggota AKKOPSI, serta beberapa mitra pembangunan dan para pemangku kepentingan terkait GERMAS di pusat dan daerah. (R/Jb)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Jadi Narsum Lokakarya AHL, Bupati Soppeng Paparkan Layanan gerakan "Mappadeceng"

Trending Now

Iklan