Iklan

Pasukan Brigif Raider 13 Kostrad Lumpuhkan Teroris Yang Menyandera Sekda Sumedang

JBN.co.id
Senin, 18 Oktober 2021 | 12:11 WIB Last Updated 2021-10-18T05:11:32Z

JBN NEWS ■  Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 323 Kostrad merupakan satuan yang berada di bawah Brigade Infanteri (Brigif) Raider 13 Kostrad yang memiliki kemampuan khusus untuk melaksanakan operasi tempur di segala bentuk medan dan cuaca, baik di hutan gunung, rawa, sungai, laut dan pantai secara cepat, senyap dan tepat dalam melumpuhkan sasaran.

Latihan simulasi pembebasan sandera yang dilaksanakan oleh pasukan Elit Raider Gultor dari Yonif Raider 323 Kostrad di kantor Bupati Sumedang, pada hari Jumat, (15/10/2021) adalah merupakan Latihan Pemantapan satuan Raider yang diselenggarakan setiap Tahun Anggaran untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan prajurit Raider sehingga selalu siap operasional dalam menghadapi tuntutan tugas dan kontinjensi di seluruh wilayah NKRI.

Brigade Infanteri (Brigif) Raider 13 Kostrad selaku penyelenggara Latihan Pemantapan Raider menggunakan Daerah Latihan di Wilayah Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Sumedang Kompleks dimana salah satu materi latihan yang dilaksanakan adalah Operasi Raid Pembebasan Tawanan yang dilakukan di Kantor Pemkab Sumedang atas seizin Bupati Sumedang Dr. H. Dony Ahmad Munir, S.T, M.M.

Latihan pembebasan sandera di skenariokan dengan Sekda Bupati Sumedang di sandera oleh kelompok Teroris di Kantor Pemda Sumedang, aksi penyanderaan langsung direspon cepat oleh Komandan Brigade Infanteri Raider 13 Kostrad, Kolonel Inf Herry Purwanto, S.Sos dan memerintahkan Danyonif Raider 323 Kostrad untuk mengeluarkan satu tim khusus dalam rangka melaksanakan operasi pembebasan sandera.

Tim Gultor Yonif Raider 323 Kostrad melaksanakan Operasi Raid Pembebasan Sandera dengan teknik serbuan ruangan dan pendadakan secara seporadis, dimana Tim langsung melaksanakan serbuan dengan cepat ke sasaran dan tidak butuh waktu lama hingga Tim Khusus tersebut berhasil menyelamatkan sandera dan kemudian melaksanakan evakuasi ke tempat aman.

Kasbrigif Raider 13 Kostrad, Letkol Inf Dwi Mawan Sutanto, S.H selaku Wadanlat menjelaskan, bahwa walaupun dalam kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini, Brigif Raider 13 Kostrad selaku penyelenggara akan tetap melaksanakan program latihan dan program kesiapsiagaan dalam rangka menjaga, memelihara dan meningkatkan kemampuan prajurit di jajarannya dengan tetap mempedomani aturan dan prosedur kesehatan yang telah ditetapkan. (**).

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pasukan Brigif Raider 13 Kostrad Lumpuhkan Teroris Yang Menyandera Sekda Sumedang

Trending Now

Iklan