Peringati Hari Jadi, Kiprah Polwan Polres Purbalingga Makin Terasa di Masyarakat

JBN.co.id
Rabu, 02 September 2020 | 09:50 WIB Last Updated 2020-09-02T02:50:53Z
 Peringati Hari Jadi, Kiprah Polwan Polres Purbalingga Makin Terasa di Masyarakat

JBN NEWS ■ Pada peringatan hari jadi ke-72, kiprah dan peran polisi wanita (Polwan) semakin nyata di masyarakat. Tidak hanya itu, jabatan fungsi di jajaran Polres Purbalingga juga diemban, seperti halnya polisi laki-laki (Polki).

Hal tersebut disampaikan oleh Kapolres Purbalingga, AKBP Muchammad Syafii' Maulla saat memberikan sambutan dalam tasyakuran HUT ke-72 Polwan di Aula Loka Anindita Polres Purbalingga, Selasa (1/9/2020).

"Kiprah dan keberadaan Polwan Polres Purbalingga bisa sejajar dengan Polisi laki-laki. Baik itu sebagai staf maupun menjabat fungsi strategis. Di masyarakat juga perannya sangat terasa," katanya.

Pada peringatan HUT ke-72 Polwan kali ini, mengusung tema “Melalui tema Polwan Siap mewujudkan Kamtibmas kondusif, masyarakat semakin produktif”.

Sementara itu, Kabagren Polres Purbalingga, Kompol Herni Suharyati mengatakan, polwan memiliki peran yang sama dengan polki di masyarakat. Bahkan saat ini di Polres Purbalingga ada dua polwan yang menjadi Bhabinkamtibmas yaitu di Polsek Padamara dan Polsek Kalimanah.

"Dengan demikian, polwan langsung bersentuhan dengan masyarakat. Kemudian di pelayanan umum seperti pembuatan SKCK, surat kehilangan, pembuatan SIM, pelayanan STNK dan pajak motor, polwan menjadi yang terdepan dalam melayani masyarakat," imbuhnya.

Dia menjelaskan, peringatan HUT ke-72 Polwan tingkat Polres Purbalingga diawali dengan anjangsana ke purnawirawan polwan dan polwan yang baru melahirkan. Kemudian bakti sosial pembagian sembako terhadap warga terdampak Covid-19, pembagian masker ke warga di Pasar Segamas, Terminal Bus dan tempat keramaian lainnya, serta donor darah.

Selanjutnya ada penegakan ketertiban dan disiplin polwan, ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Purbosaroyo. Puncak acara digelar tasyakuran secara virtual dengan Mabes Polri dan Polda Jateng.

Pada tasyarakuran itu, Kapolres memberikan potongan tumpeng kepada polwan senior Aiptu Endang yang menjabat sebagai Kasi Humas Polsek Mrebet. Selain itu, potongan kue ulang tahun diberikan Ketua Bhayangkari Cabang PurbaIingga kepada polwan termuda Bripda Syifa yang berdinas di fungsi Reskrim.

■ Imam Santoso/Hms
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Peringati Hari Jadi, Kiprah Polwan Polres Purbalingga Makin Terasa di Masyarakat

Trending Now

Iklan