15 Orang Positif Covid-19 di Gowa Sembuh, Empat Orang masih Dirawat di RS

JBN.co.id
Jumat, 01 Mei 2020 | 01:16 WIB Last Updated 2020-04-30T18:16:04Z

JBN NEWS ■ Kabar menggembirakan bagi masyarakat Gowa, saat ini tercatat 29 orang positif covid-19. Namun dari 29 orang ini sudah ada 15 orang yang dinyatakan sembuh dan sudah dipulangkan dan melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Dari jumlah ini, tersisa 4 orang positif yang masih dirawat di RSUD Syekh Yusuf Gowa.

Sementara dari data Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Gowa untuk data orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 371 orang dan pasien dalam pengawasan (PDP) 176 orang.

Jika diuraikan kata Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan disela menerima kunjungan kerja Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka, Kamis (30/4/2020) baruga Krg Galesong Pemkab Gowa yang difungsikan sebagai Posko Induk Penanganan Covid-19 Gowa, dari ODP 371 orang ini terdapat 176 kategori dalam pengawasan dan dalam 176 PDP ini terdapat 29 orang yang positif.

"Saat ini yang positif 29 itu tersisa 4 yang masih dirawat di rumah sakit sedang 15 orang lainnya sudah dipulangkan karena sudah sembuh dan melanjutkan dengan isolasi mandiri di rumah," jelas Bupati Gowa yang duduk berjarak meter dengan Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka.

Bupati berharap, semoga jumlah ini tidak lagi bertambah dan semoga PSBB yang akan kita berlakukan pada Senin 4 Mei nanti bisa berjalan baik dan betul-betul mampu memutus mata rantai penyebaran covid-19 ini.

Hadir dalam kunker Pangdam tersebut, Wakapolda Sulsel Brigjen Halim Pagarra, Wabup Gowa Abd Rauf Malaganni, Kapolres Gowa AKBP Boy FS Samola, Dandim 1409 Gowa Letkol Arh Muh Suaib, Kajari Gowa Muh Basjar Rivai dan sejumlah perwira tinggi lingkup Pangdam XIV Hasanuddin.

Dijelaskan Adnan, dari 29 orang positif covid-19 di Gowa ini, 80 persennya itu beraktivitas (bekerja) di Makassar.

Diketahui Kabupaten Gowa, Kota Makassar dan Kabupaten Maros merupakan epicentrum penyebaran covid-19.

"Jika ketiga kabupaten/kota ini mampu menerapkan PSBB secara baik maka Insyaa Allah, covid-19 bisa selesai. Dasar hukum kami lakukan PSBB adalah SK Menkes dan kami juga sudah terbitkan peraturan bupati yang kemudian kami lakukan penyesuaian dengan peraturan gubernur yang baru keluar tadi malam," jelas Bupati Gowa.

Sementara itu Kapolres Gowa AKBP Boy FS Samola turut menjelaskan persiapan pengamanan PSBB dimana personil pengamanan yang diturunkan secara gabungan sebanyak 1.500 orang masing-masing dari Polres Gowa, Brimob Polda, Kodim 1409, Satpol PP, Damkar, Dinkes, Dishub serta relawan dari berbagai OKP dan Ormas.

Terpisah Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka dalam kunkernya itu mengatakan kenapa kami ke Gowa? Kami hanya ingin melakukan supervisi dalam persiapan Gowa melakukan PSBB.

" Saya juga ingin memberikan gambaran bahwa tugas posko covid-19 itu apa sih. Apa fungsi gugus tugas covid-19? Jadi gugus tugas itu cuma dua yakni penjabaran dari tugas-tugasnya adalah diharapkan yang sehat jangan sakit yang sakit bisa segera disembuhkan. Itu tugas sebenarnya gugus tugas. Ini adalah tugas mulia kemanusiaan," kata Pangdam.

■ YP/JBN
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 15 Orang Positif Covid-19 di Gowa Sembuh, Empat Orang masih Dirawat di RS

Trending Now

Iklan