Konselor Polres Purbalingga Berikan Motivasi Siswa Kelas IX SMP Negeri 3

JBN.co.id
Jumat, 19 April 2024 | 09:59 WIB Last Updated 2024-04-19T02:59:54Z

JBN NEWS | PURBALINGGA — Polda Jateng | Konselor Polres Purbalingga memberikan training motivasi terhadap siswa SMP Negeri 3 Purbalingga, Kamis (18/4/2024). Kegiatan digelar di aula sekolah, diikuti 248 peserta didik dari kelas IX sekolah tersebut.

Kegiatan mengambil tema "Motivasi Psikologi Dalam Pengelolaan Pikiran dan Emosi Bagi Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 3 Purbalingga". Motivasi disampaikan oleh Iptu Teguh Susilo, S.Psi., M.Psi., Psikolog dan Aipda Samian, S.H.

Iptu Teguh Susilo mengatakan pihaknya memberikan training motivasi kepada siswa SMP Negeri 3 Purbalingga. Kegiatan ini dilaksanakan menjelang pelaksanaan ujian bagi siswa kelas IX sekolah tersebut.

"Semoga apa yang kami berikan bisa bermanfaat bagi siswa serta menambah motivasi untuk melaksanakan ujian dengan baik," ucapnya.

Disampaikan bahwa dalam kegiatan diberikan sejumlah materi diantaranya berlatih konsentrasi, membangun citra diri dan keyakinan, tes konflik otak kiri dan otak kanan dan strategi mengelola pikiran serta emosi. 

Menurutnya ada 16 masalah umum yang dihadapi pelajar. Yakni ingatan yang buruk, menunda, malas, kecanduan game, TV dan internet. Kemudian sulit memahami yang diajarkan, mudah bingung dan perhatian singkat.

Selain itu, sulit memahami yang diajarkan, mudah bingung, sering melamun di kelas,ceroboh, tekanan dari orang tua/guru,. terlalu banyak yang dipelajari, gampang menyerah, guru yang membosankan, tidak tertarik dengan mata pelajaran dan kurag motivasi.

Untuk itu, menurutnya perlu diberikan motivasi untuk menjadi orang sukses, peserta didik harus meningkatan iman dan takwa kepada Allah SWT, selalu minta doa restu kepada orang tua, berusahalah maksimal dalam belajar, konsistensi, konsentrasi dan disiplin serta percaya diri dan siap diri.

"Selain itu, kelola pikiran dan emosi, manajemen waktu, keyakinan positif dan jujur serta bersyukur," ucapnya.

Kepala SMPN 3 Purbalingga Subarno S.Pd menjelaskan, tujuan training motivasi ini untuk membentuk mental dan karakter siswa yang sehat, cinta tanah air, berpikir positif, memiliki keyakinan positif, selalu menjadi anak yang bersyukur, taat kepada orang tua, guru, agama dan negara serta sukses dalam belajar.

"Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan bekal peserta didik menghadapi ujian praktik dan Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ). Kami pandang perlu digelar kegiatan training motivasi seperti ini," ujar Subarno.

Untuk diketahui, mulai 22 April mendatang, 248 peserta didik kelas IX SMPN 3 Purbalingga akan menempuh ujian praktik, dilanjut Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ) mulai 3 - 11 Mei 2024. Dan dijadwalkan, pengumuman kelulusan pada tanggal 10 Juni 2024.  (Agus P)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Konselor Polres Purbalingga Berikan Motivasi Siswa Kelas IX SMP Negeri 3

Trending Now

Iklan