Bhabinkamtibmas Polsek Bukateja Ikuti Pengendalian Hama Wereng di Desa Kedungjati

JBN.co.id
Sabtu, 27 April 2024 | 19:39 WIB Last Updated 2024-04-27T12:39:31Z

JBN NEWS | PURBALINGGA — Polda Jateng | Bhabinkamtibmas Polsek Bukateja ikut serta dalam gerakan pengendalian hama Wereng Batang Cokelat (WBC) di persawahan Desa Kedungjati, Kecamatan Bukateja, Kabupaten Purbalingga, Sabtu (27/4/2024).

Bhabinkamtibmas Polsek Bukateja Bripka Purwanto terjun langsung ke persawahan untuk membantu melakukan penyemprotan tanaman. Kegiatan dilaksanakan bersama personel dari TNI, Dinas Pertanian dan warga.

Kapolsek Bukateja Iptu Dono Hendarto mengatakan gerakan pengendalian hama WBC ini dilakukan pada lahan seluas 40 hektar yang berada di Desa Kedungjati Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga.

"Adanya kegiatan tersebut Bhabinkamtibmas Polsek Bukateja bersama TNI dan dinas terkait hadir membantu pelaksanaan pengendalian hama WRC," ucapnya.

Kapolsek menambahkan keikutsertaan Bhabinkamtibmas sebagai langkah mendekatkan diri dengan masyarakat. Sebagi wujud polisi hadir di tengah masyarakat dalam setiap kegiatan apapun.

Mustangin selaku Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Desa Kedungjati menyampaikan pengendalian hama WBC dilakukan dengan cara penyemprotan insektisida. Penyemprotan dilakukan terhadap tanaman padi yang berusia 20 - 30 hari dari awal tanam di lahan seluas 40 hektar.

"Penyemprotan berikutnya akan dilaksanakan setelah mengetahui hasil penyemprotan tahap pertama ini. Penyemprotan bisa juga dilakukan menggunakan alat drone," ucapnya.

Mustangin berharap gerakan pengendalian hama WBC ini dapat membantu petani dalam mengatasi hama wereng. Sehingga meningkatkan produksi padi dan menjaga ketahanan pangan nasional.(Agus P)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bhabinkamtibmas Polsek Bukateja Ikuti Pengendalian Hama Wereng di Desa Kedungjati

Trending Now

Iklan