Perhutani KPH Blitar Jajaki Kerjasama Pemanfaatan Hutan dengan Koperasi KORSA

JBN.co.id
Kamis, 29 Februari 2024 | 21:41 WIB Last Updated 2024-02-29T14:41:12Z

JBN.CO.ID | BLITAR — Perhutani KPH Blitar menjajaki kerjasama pemanfaatan hutan dengan Koperasi Tri Dharma Adhi Wana Sejahtera (KORSA) Jawa Timur.

Hari ini, Kamis (29/2/2024), Jajaran Perhutani KPH Blitar menerima kunjungan silaturahmi Ketua dan pengurus Koperasi Korsa, bertempat di Kantor Perhutani KPH Blitar.

"Jadi pertemuan ini untuk menjajaki kerjasama pemanfaatan hutan, garis besarnya seperti itu. Harapannya ke depan ada kerjasama yang saling menguntungkan," ujar ADM Perhutani KPH Blitar, Andy Iswindarto.

Andy memaparkan, terdapat beberapa opsi dalam kerjasama tersebut, di antaranya penanaman jagung, tebu dan pohon balsa yang memiliki nilai ekonomi tinggi.

Ia menambahkan, kini pihaknya sedang menginventarisir lokasi-lokasi mana yang cocok untuk ditanami sesuai komoditi yang direncanakan.

"Komoditi itu kan pasti punya kecocokan (karakteristik) di tempat tumbuh masing-masing, itu yang kita sesuaikan. Seperti misalnya jagung yang harus ditanam di tempat terbuka atau tanah kosong yang tanaman hutannya masih kecil-kecil," terangnya.

Andy berharap dengan kerjasama ini, masing-masing pihak bisa saling diuntungkan dan tentunya dengan konsep melibatkan masyarakat sehingga ekonominya terbantu.

"Kami BUMN dan koperasi ada keuntungan, jadi seperti itu, termasuk ada tambahan PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak)," kata Andy.

Sementara Ketua Koperasi Korsa, Tomi Gandhi Sasongko menyampaikan terima kasih kepada ADM Perhutani KPH Blitar yang telah menerima kunjungan bersama pengurus.

"Kita sifatnya silaturahmi supaya lebih dekat. Orang bilang tak kenal maka tak sayang. Mudah-mudahan kerjasama ini bisa terjalin dengan baik. Terima kasih kepada Perhutani dan Pak ADM yang telah memberikan kesempatan atau peluang kerjasama. Tentunya harapan kami juga sama seperti yang tadi disampaikan oleh Pak ADM," tandas Tomi Gandhi. (r/by)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Perhutani KPH Blitar Jajaki Kerjasama Pemanfaatan Hutan dengan Koperasi KORSA

Trending Now

Iklan