Hari Jadi Pancasila, Dandim 1423 Soppeng Letkol Sigit Bicara Soal Sinergitas TNI - Polri dan Masa Depan Generasi Muda

JBN.CO.ID
Kamis, 01 Juni 2023 | 16:48 WIB Last Updated 2023-06-01T09:48:35Z



JBN.CO.ID, Soppeng, - Upacara bendera memperingati Hari Lahir Pancasila digelar di Makodim 1423/Soppeng, Kamis, (1/6/2023)

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 yang mengambil tema " Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global " berlangsung khidmat.

Dandim 1423/Soppeng Letkol Inf Sigit Suhendro Hadi Kusmawan, S.T., M. Tr (Han) selaku tuan rumah pelaksanaan upacara peringatan Hari Jadi Pancasila ke-78 ketika dikonfirmasi via WA terkait dipilihnya Makodim 1423 Soppeng sebagai lokasi upacara menjelaskan " Kodim 1423 menyambut baik setiap prakarsa bersama dengan Pemda terlebih Peringatan Hari Lahir Pancasila yang merupakan momentum penting dalam upaya reaktualisasi nilai-nilai luhur Pancasila dapat menyentuh kesadaran seluruh komponen bangsa. Kegiatan upacara peringatan Pancasila berpusat di Makodim diharapkan semakin menggugah semangat heterogenitas kebhinekaan sebagai kekuatan komunal dalam bingkai kebangsaan dan nasionalisme NKRI, Ungkap Letkol Sigit.

Perwira dua melati dipundak yang mengikuti upacara berdampingan bersama dengan koleganya Kapolres Soppeng AKBP Dr.(C) H. Muhammad Yusuf Usman, SH.S.I.K.MT juga mengungkapkan korelasi peringatan Hari Jadi Pancasila dengan sinergitas antar Institusi TNI-Polri "Esensi peringatan Hari lahir Pancasila akan membuka kembali ingatan risalah sejarah perjuangan bangsa yang susah payah diwujudkan, menjadi tanggung jawab bersama sebagai garda terdepan dan penyangga keutuhan bangsa untuk senantiasa mengimplementasikan nilai-nilai luhur Pancasila bersumber dari jati diri dalam semangat sinergitas TNI-Polri sekaligus keteladanan bagi masyarakat bagaimana menjalani kehidupan mengedepankan persatuan dan kesatuan serta kegotong royongan," Letkol Sigit.

Dikesempatan yang sama, orang nomor 1 diinstitusi TNI di Bumi Latemmamala yang dikenal peka dengan kondisi sosial masyarakat dan dunia pendidikan ini mengurai hubungan antara momen peringatan Hari Lahir Pancasila dengan pemuda dan pelajar khususnya di Kabupaten Soppeng

" Momentum peringatan hari lahir Pancasila merupakan sarana menanamkan kembali nilai-nilai luhur kearifan lokal bangsa ke dalam alam pikir generasi muda yg diharapkan dapat dijadikan senjata dalam memerangi pengaruh negatif budaya luar yang cenderung destruktif dan semakin menggerus jiwa nasionalisme generasi muda," Imbuhnya.

Selain itu melalui peringatan hari lahir Pancasila Letkol Sigit juga menitipkan harapannya " Peringatan hari jadi Pancasila tidak sekedar ceremonial melainkan dapat lebih menemukan relevansinya guna mensupport para generasi muda dalam mengembangkan segala potensi dan mampu berperan sebagai penerus kemajuan pembangunan di daerah." Pungkas Dandim 1423 Soppeng. ( Jafar Jeff ).
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Hari Jadi Pancasila, Dandim 1423 Soppeng Letkol Sigit Bicara Soal Sinergitas TNI - Polri dan Masa Depan Generasi Muda

Trending Now

Iklan