Kapolres Soppeng AKBP Santiaji Kartasasmita di Mata Wartawan

JBN.CO.ID
Rabu, 13 Juli 2022 | 04:32 WIB Last Updated 2022-07-13T15:42:56Z



JBN.CO.ID, Soppeng, - Menempati tempat tugas yang baru tentu menjadi sebuah pengalaman tersendiri bagi seorang pejabat. Banyak hal yang harus dimulai dari awal seperti pengenalan geografis dan kultur budaya masyarakat setempat.

Hal tersebut juga dialami oleh perwira dua melati di pundak AKBP. Santiaji Kartasasmita, S. I. K sejak dilantik sebagai Kapolres Soppeng di Aula Mappaodang Polda Sulsel oleh Kapolda Sulsel Irjen Pol Nana Sudjana,Kamis (10/2/22).

Dua hari setelah pelantikan di Mapolda Sulsel, acara serah terima jabatan dari pejabat lama AKBP. Roni Mustofa, S.I.K . M.I.K ke AKBP. Santiaji Kartasasmita, S. I. K digelar di Aula Serba Guna Bhayangkari di Aspol J. Kalambo Watansoppeng (12/2/22).

Sebagai awal perkenalan, Kapolres Soppeng yang baru AKBP. Santiaji Kartasasmita, S.I.K hari itu menggelar jumpa pers perdananya dengan awak media di Bumi Latemmamala.

Kedatangan AKBP. Santiaji Kartasasmita, S.I.K di Bumi Latemmamala yang diklaim sebagai titik tengah Indonesia yang ditandai oleh situs megalitikum di Puncak Desa Umpungeng tersebut disambut hangat para wartawan, Pak Adjie orangnya ramah, santai,Ungkap Salah satu wartawan kala itu.

Setelah melakukan konsolidasi dengan seluruh elemen masyarakat di Soppeng selama kurun waktu satu (1) bulan menjabat, AKBP Santiaji Kartasasmita, S.I.K yang oleh awak media akrab disapa pak Adjie disuatu sore mendatangi salah satu kantor organisasi pers di jalan pemuda nomor 114 Watansoppeng yakni Kantor Pengurus Daerah Ikatan Wartawan Online ( IWO ) Soppeng (16/3).

Dengan gaya busana casual dan santai AKBP. Adjie bertandang ke Kantor IWO. Kedatangan orang nomor satu di Polres Soppeng tersebut disambut hangat oleh Ketua IWO Soppeng Andi Mulyadi Makmun.

AKBP Adjie bersama Ketua IWO Soppeng

Pertemuan perdana antara AKBP. Adjie dan Andi Mulyadi berlangsung santai, sesekali keduanya melemparkan guyonan guyonan seolah dua orang sahabat yang lama tidak bertemu.

" Ini adalah hal yang sangat luar biasa sekali, ujar Andi Mulyadi waktu itu. Kami tidak pernah menyangka seorang AKBP. Santiaji Kartasasmita, S.I.K akan datang berkunjung ke kantor kami dan itu tanpa pemberitahuan sama sekali dan tahu tahu beliau sudah ada didepan pintu." Katanya lagi.

Pada kesempatan itu juga AKBP. Adjie menyapa dan berkenalan satu persatu dengan wartawan yang tergabung di IWO Soppeng yang berdatangan setelah mendapatkan info di grup WA prihal kedatangan Kapolres Soppeng di Kantor IWO.

Kunjungan Surprise AKBP. Santiaji Kartasasmita, S.I.K ke Kantor IWO Soppeng rupanya sangat membekas dan berkesan dihati Andi Mulyadi Makmun, Pak Adjie adalah orang luar yang paham dengan falsafah " Yassisoppengi ", dia datang mengulurkan tangan tanda persahabatan dan kekeluargaan, maka kita akan sambut dia dengan baik dengan cara kita sebagai seorang wartawan,Kesan Andi Mulyadi.

Tidak berselang lama setelah kedatangan AKBP. Adjie di Kantor IWO, Andi Mulyadi Makmun memerintahkan kepada sekertaris IWO untuk segera menggelar rapat.

Rapat pun akhirnya terlaksana dan dipimpin Ketua IWO Soppeng, dalam arahannya Andi Mulyadi Makmun menegaskan, Kedatangan Kapolres Soppeng di kantor kita tanpa undangan dan pemberitahuan sama sekali sebelumnya, kita anggap sebagai bentuk penghargaan beliau kepada kita semua yang bernaung di IWO Soppeng. Dan itu harus kita apresiasi.

Hari ini kita akan bentuk sebuah grup WA yang kita namakan Grup Rilis Polres dan IWO Soppeng bekerja sama dengan Humas Polres. Kita akan blow up semua kegiatan Polres Soppeng, Polda Sulsel, Mabes Polri dalam bentuk link berita, itu sebagai wujud sinergitas kita yang baik dengan Polri, Tegas Andi Mulyadi.

Kedepannya kita akan terus berkoordinasi dengan Polres Soppeng. Salah satunya adalah dalam peningkatan sumber daya manusia, kita semua sering mendengar adanya oknum oknum wartawan yang terjerat kasus karena minimnya pengetahuan tentang UU ITE, olehnya itu kita berharap nantinya ada kerja sama dalam penyuluhan hukum utamanya tentang UU ITE bagi rekan rekan wartawan,harap Ketua IWO Soppeng.

Setelah melakukan kunjungan ke Kantor PD IWO Soppeng, Kapolres Soppeng kemudian mengundang seluruh wartawan dari enam (6) organisasi pers yaitu PWI,IWO,AJOI,JOIN,SMSI,IJS untuk ngopi bareng di Warkop Semarang, Jalan Pemuda Watansoppeng (23/3).

Dalam kesempatan ngopi bareng tersebut, AKBP Adjie mengungkapkan, Silaturahmi dengan awak media akan menjadi agenda rutin sehingga komunikasi bisa berjalan baik kedepannya, Ujarnya.

" Saya ini tidak anti kritik, silahkan kritik saya dengan kritik membangun, karena dimana pun saya bertugas, saya selalu menganggap media adalah teman saya, Katanya lagi.


AKBP Adjie Bersama pimpinan organisasi pers


Hubungan akrab Kapolres Soppeng AKBP. Santiaji Kartasasmita, S.I.K dengan para pewarta tidak hanya terjalin di dunia nyata tapi juga di dunia maya. Hampir setiap waktu AKBP. Adjie merespon setiap link berita kegiatan Polres Soppeng, Polda Sulsel dan Mabes Polri dibeberapa grup Whatsshap melalui sticker ucapan terima kasih sebagai bentuk apresiasi kepada teman teman wartawan.



Terhitung sejak sertijab (12/2), AKBP. Santiaji Kartasasmita, S.I.K sudah tiga (3) kali mengundang wartawan untuk jumpa pers terkait kasus yang ditangani Polres Soppeng, seperti kasus korban meninggal karena sengatan listrik pada event ramadhan fest, pengungkapan kasus narkoba dan terakhir kasus pembunuhan sadis seorang wanita oleh mantan suaminya sendiri.

Jumpa Pers Kasus Pembunuhan di Pising


Disetiap acara jumpa pers, AKBP. Adjie selalu meluangkan waktu bersama wartawan untuk sekedar menyapa atau berbincang sebelum memasuki materi inti dari jumpa pers.

Salah satu tokoh pers di Soppeng yang menjabat sebagai Ketua Serikat Media Siber Indonesia ( SMSI ) Cabang Soppeng, Buhari Abu, S.Sos menanggapi sinergitas yang terjalin baik antara Polres Soppeng dan wartawan " Kami selaku Ketua SMSI bersama kawan kawan sangat mengapresiasi langkah langkah AKBP Adjie dalam menjalin sinergitas dengan insan media, semoga ini berkelanjutan dan jajarannya mengikuti langkah langkah beliau, Ringkas Buhari di Kantor Bawaslu Soppeng seusai mengikuti acara rapat antara Ketua Organisasi Pers dan Bawaslu Soppeng (4/7).

Kedekatan AKBP Adjie dengan wartawan bukan hanya terjalin disektor pemberitaan namun hubungan emosional pun turut terbangun, terbukti dengan banyaknya link berita yang tersebar tentang kunjungan Kapolres Soppeng dan Ketua IWO ke rumah sakit Latemmamala membesuk salah satu pewarta yang sakit (4/7).

AKBP Adjie besuk wartawan


Salah satu pewarta yang dirawat di RSUD Latemmamala A. Topan wartawan media online Soppeng Today ditemui sesaat setelah dibesuk oleh AKBP Adjie mengungkapkan " Pak Adjie bukan hanya sekedar mitra tetapi seperti layaknya saudara, yang hadir dikala suka dan duka," Ujar A. Topan penuh haru.

Jalinan sinergitas Polres Soppeng dan wartawan yang kuat kembali dipertontonkan ketika perayaan HUT Bhayangkara ke - 76, Puluhan wartawan dari berbagai media cetak dan online berseliweran meliput acara di Mapolres Soppeng di Jalan Kemakmuran Watansoppeng (5/7). Puluhan link berita yang mengangkat prosesi HUT Bhayangkara ke - 76 hari itu bertebaran di dunia maya.

AKBP Adjie Bersama Wartawan


Pada saat acara puncak HUT Bhayangkara ke - 76 selesai, Kapolres Soppeng AKBP. Santiaji Kartasasmita, S.I.K mendatangi kerumunan wartawan dan mengucapkan rasa terima kasihnya, Makasih banyak udah datang ya bang, Ujarnya kala itu.

Dikesempatan itu (5/7), mantan Kasubdit Gasum Polda Bali tersebut mengungkapkan " Kita sadari Polri dan Media merupakan satu kesatuan dimana terjalin dalam bentuk kemitraan yang baik." Ungkapnya.

" Kemitraan ini harus di pupuk dan terjalin dengan baik dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya masing masing." Katanya lagi.

" Dengan demikian media dapat menjadi kontrol dalam mewujudkan tujuan bersama yaitu percepatan informasi dan transparansi dalam melaksanakan tugas masing masing. Maka dari itu dibutuhkan persamaan persepsi dan kesadaran bersama untuk menuju indonesia yang maju " Tutup AKBP. Santiaji Kartasasmita, S.I.K.(Jafar Jeff).
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kapolres Soppeng AKBP Santiaji Kartasasmita di Mata Wartawan

Trending Now

Iklan