Aliansi Pemerhati Papua Bangkit Aksi Dukung DOB di Kemendagri

JBN.CO.ID
Sabtu, 14 Mei 2022 | 15:59 WIB Last Updated 2022-05-14T08:59:19Z


JBN.CO.ID |Jakarta - Aliansi Pemerhati Papua Bangkit melakukan aksi damai mendukung pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) di Papua untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat asli Papua.

"Kami dari Aliansi Pemerhati Papua Bangkit mendesak pemerintah mempercepat pelaksanaan DOB di Papua," teriak Koordinator Aksi Deksa di belakang Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jum'at (13/5/2022). 

Bagi mereka, pemekaran Papua akan meningkatkan kesejahteraan Masyarakat Asli Papua.

"Papua adalah bagian dari integrasi wilayah kesatuan Republik Indonesia, maka proses pemerataan  pembangunan di Papua menjadi proritas percepatan pembangunan pemerintah pusat untuk menjawab kebutuhan dan tuntutan masyarakat Papua," ucap Deksa.

Lebih lanjut diungkapkan dia, DOB merupakan solusi untuk menjawab tuntutan masyarakat Papua, baik dari aspek pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan ekonomi akan dinikmati masyarakat Papua secara lebih luas dan merata.

"Keberpihakan negara terhadap pembangunan Papua melalui amanat UU No. 2 Tahun 2021 tentang Otonomi Khusus (Otsus) Papua. Maka Aliansi Pemerhati Papua Bangkit  mendesak kepada pemerintah pusat agar realisasi pelaksanaan amanat UU No. 2 Tahun 2021 segera dilaksanakan khususnya realisasi DOB," tambahnya.

Bagi massa aksi, DOB adalah solusi untuk mempercepat serta pemerataan pembangunan di papua sekaligus mengecam kepada pihak manapun yang menghalangi Orang Asli Papua (OAP) untuk mendapatkan hak untuk menikmati kesejahteraan.

"RUU pemekaran telah dibahas di DPR dengan melibatkan elemen  masyarakat serta akademisi, maka tidak ada alasan oleh siapapun yang menuduh pemerintah mengeluarkan kebijakan sepihak," lanjutnya.

Para pendemo yang berjumlah 40 orang massa aksi tersebut secara bergantian berorasi. Dalam orasinya mereka menyebutkan Papua memiliki wilayah yang luas, maka tidak mungkin hanya dikendalikan oleh satu pemerintahan daerah. 

"Untuk itu perlu dimekarkan agar rentang kendali pelayanan publik semakin dekat  terhadap masyarakat Papua," ungkap salah seorang orator aksi.

Masyarakat Asli Papua, ditambahkan peserta aksi, juga menginginkan wilayah di Papua untuk dimekarkan, maka dukungan rakyat terhadap agenda pemerintah pusat dan perwakilan di DPR sebagai penjelmaan aspirasi OAP.

"Jangan menjadikan rakyat Papua sebagai perisai kekuasaan oleh segelintir elit Papua untuk menghalangi pemekaran demi kepentingan pribadi, serta mengecam siapapun yang mengalangi kepentingan rakyat papua terhadap pemekaran wilayah serta mengecam tindakan provokasi masyarakat papua," harapnya.

Aliansi Pemerhati Papua Bangkit akan tetap mengawal agenda pemekaran Papua sesuai dengan aspirasi sebagian besar masyarakat Papua. (R/Jbn)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Aliansi Pemerhati Papua Bangkit Aksi Dukung DOB di Kemendagri

Trending Now

Iklan