Ultah Ke-79, Wapres: Keberkahan Hidup Lebih Penting dari Panjang Pendeknya Usia

JBN.CO.ID
Jumat, 11 Maret 2022 | 19:31 WIB Last Updated 2022-03-11T12:31:56Z


Jakarta (JBN) – Tepat hari ini, Jumat (11/03/2022) Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin berulang tahun yang ke-79. Tanpa sepengetahuannya, segenap keluarga dan perangkat Sekretariat Wakil Presiden memberikan kejutan acara tasyakur sederhana di Kediaman Resmi Wapres, Jl. Diponegoro No. 2, Jakarta Pusat sesaat sebelum Wapres berangkat meninjau Gudang Bulog Kelapa Gading dan Pasar Induk Beras Cipinang.

Pada kesempatan ini, Wapres pun tampak bahagia dan menyampaikan ucapan terima kasih atas kejutan di hari ulang tahunnya tersebut. Usai memotong tumpeng, Wapres sempat memberikan nasihat bahwa sesungguhnya yang terpenting dalam hidup bukan panjang atau pendeknya usia tetapi keberkahannya.

“Memang betul kalau dihitung dari hari kelahiran saya, umur saya itu bertambah. Hari ini bertambah jumlah hitungannya menjadi 79 tahun. Tapi dari jatah (umur) yang sudah diberikan, itu berkurang. Dari hari ke hari makin kurang, nanti lama-lama habis jatahnya. Oleh karena itu, sebenarnya bertambah atau berkurang (umur) tidak begitu penting, yang penting itu keberkahannya,” tutur Wapres.

Maka dari itu, lanjutnya, doa yang musti dipanjatkan oleh umat manusia adalah agar diberikan hidup yang berkah.

“Doa kita itu supaya diberikan hidup yang berkah. Bisa saja tidak panjang, tetapi manfaatnya banyak. Lebih bagus lagi kalau dikasih (umur) panjang kemudian juga banyak kebaikannya,” ujarnya.

Hal tersebut, kata Wapres, sebagaimana disabdakan Nabi Muhammad SAW bahwa sebaik-baik manusia adalah yang umurnya panjang dan baik amalnya.

“Namun juga sebaliknya, manusia yang celaka itu adalah yang diberi umur panjang tapi amalnya tidak baik. Jadi panjang sekali dia membuat kerusakan di muka bumi ini. Itu yang sangat berbahaya,” ungkapnya.

Lebih jauh, Wapres menuturkan bahwa keberkahan itu datangnya dari Allah SWT, tetapi kedatangannya tidak tiba-tiba begitu saja melainkan perlu diusahakan. 

“Kita harus berusaha untuk mendapat keberkahan itu yaitu dengan terus mendekatkan diri kepada Allah, ber-taqarrub kepada Allah supaya mendapatkan keberkahan hidup,” nasihatnya.

Adapun rahmat Allah sendiri, menurut Wapres dekat dengan orang yang berbuat baik. Semakin baik seseorang maka keberkahan Allah yang diberikan kepadanya akan semakin bertambah pula. 

“Kalau kita diberi sesuatu yang baik oleh Allah, maka kita harus berbuat baik seperti (contohnya) beribadah dengan baik pada Allah, sehingga nanti Allah akan tambah lagi keberkahan-Nya untuk kita, bukan hanya di dunia tetapi juga di akhirat,” ujarnya.

Terakhir, Wapres pun mengingatkan bahwa sesungguhnya Allah itu maha dekat dengan hamba-Nya. Tetapi menurutnya kedekatan ini bukan dalam arti jarak, melainkan kedekatan untuk mendapatkan ridho dan ampunan-Nya.

“Namun demikian terdapat pula hambatan-hambatan yang dapat menjauhkan Allah dengan hamba-Nya, seperti nafsu (dan) syaitan. Nah ini yang membuat kita jauh. Karena itu agar kita terus dekat dengan Allah, segala hambatan tersebut harus dilawan,” pungkasnya.

Sebelumnya pada kesempatan ini, Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika turut mengucapkan selamat ulang tahun dan mendoakan Warpres agar senantiasa diberikan kesehatan, keberkahan, dan kekuatan dalam melaksanakan tugas. 

“Mudah-mudahan Pak Wapres senantiasa diberikan kesehatan, diberikan kekuatan dan keberkahan untuk selalu dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya,” doa Kasetwapres.

Selain itu, Erani mengungkapkan bahwa acara hari ini merupakan wujud syukur sekaligus ungkapan terima kasih karena selama ini Wapres telah memberikan banyak inspirasi dan pengetahuan kepada segenap keluarga besar Setwapres. 

“Banyak sekali teladan, inspirasi, pengetahuan, dan banyak hal lagi yang telah Abah berikan sehingga hidup kita menjadi lebih baik,” ucapnya.

Tidak hanya Kasetwapres, Juru Bicara (Jubir) Wapres Masduki Baidlowi juga tampak turut mengucapkan selamat ulang tahun kepada Wapres. Dalam sambutan singkatnya, Masduki menyebutkan bahwa Wapres adalah seorang tokoh yang dalam menjalankan tugas-tugas kenegaraannya dihayati sebagai ibadah.

“Itu yang (senantiasa) diajarkan kepada kami semua oleh Pak Wapres,” ungkapnya.

Kemudian, Masduki menuturkan bahwa salah satu hal dari Wapres yang menginsipirasi dirinya adalah pola hidup sehat yang dijalankan Wapres. 

“Pola hidup sehat dari beliau itu merupakan gambaran bagi kita semua untuk bisa panjang umur,” ujarnya. 

Di samping itu, Masduki menilai bahwa Wapres dalam hidupnya memiliki banyak keistimewaan baik dalam kehidupan sosial maupun politik. Bahkan saat di Majelis Ulama Indonesia, Wapres disebut sebagai pemain “Injury Time”, artinya tokoh yang mendapatkan berbagai jabatan prestisius tanpa diduga sebelumnya.

“Misalnya beliau ini tidak ada angin tidak ada ombak tiba-tiba terpilih sebagai Rais Aam PBNU, meskipun sebelumnya banyak orang lain yang mencalonkan diri. Menjadi Ketua MUI juga seperti itu, yang mencalonkan siapa, yang terpilih siapa. Beliau terpilih menjadi Wapres pun sama, banyak tokoh lain yang disebut akan menjadi Wapres, tetapi justu di saat-saat terakhir Allah menakdirkan Pak Kiai Ma’ruf yang terpilih,” paparnya. 

Selain Kasetwapres dan Jubir Wapres, turut hadir dalam acara yang dikemas sangat sederhana ini, Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin, Deputi Bidang Administrasi Guntur Iman Nefianto, Staf Khusus Wapres Sukriansyah S. Latief, Tim Ahli Wapres Iggi Haruman Achsien, serta segenap staf dan perangkat terbatas. 

Ternyata, tidak hanya di Kediaman Resmi, saat mengunjungi Gudang Bulog Kelapa Gading, Wapres juga mendapatkan kejutan ucapan selamat ulang tahun dari Direktur Utama Bulog Budi Waseso yang disampaikan melalui sebuah lagu. Sementara saat melakukan inspeksi di Pasar Induk Beras Cipinang, Wapres mendapatkan hadiah ulang tahun sebuah buku dari wartawan Media Indonesia Emir Chairullah dan ucapan selamat dari para awak media yang lain. (R/Jbn)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ultah Ke-79, Wapres: Keberkahan Hidup Lebih Penting dari Panjang Pendeknya Usia

Trending Now

Iklan