Luhut: Omicron Mengganas, Jumlah Kasus Harian Berpotensi 3 Kali Lipat

JBN.CO.ID
Senin, 31 Januari 2022 | 22:13 WIB Last Updated 2022-01-31T15:13:24Z


JBN News - Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan jumlah kasus harian COVID-19 di tanah air berpotensi tiga kali lipat lebih tinggi dari puncak kasus pada Juli 2021.

Menurut Luhut, Estimasi tersebut berdasarkan kenaikan kasus yang terjadi di sejumlah negara seperti Amerika Serikat, Israel, Afrika Selatan dan Inggris.

Dari data tersebut kami mencoba menganalisa bahwa jumlah rawat inap di rumah sakit di Indonesia dapat lebih tinggi dari delta, apabila kasus harian meningkat lebih dari tiga kali seperti tahun lalu kita lihat hampir 56 ribu, bisa saja nanti tiga kali dari itu bila kita tidak berhati-hati. 

Namun hingga saat ini kami masih memperkirakan angka tersebut kecil kemungkinan terjadi, karena berbagai simulasi dan model yang kami susun dengan para pakar angka ini masih jauh dan kita tidak perlu khawatir berlebihan tetapi tetap super waspada,” ucap Luhut dalam konferensi pers, di Jakarta, Senin (31/1).

Luhut memaparkan kasus konfirmasi COVID-19 per 30 Januari masih berada di level seperlima dari puncak delta pada Juli 2021 lalu. Selain itu jumlah pasien corona yang dirawat di rumah sakit juga masih dalam batas aman yakni sepersepuluh dari puncak varian delta. Meskipun dibayangi dengan ledakan kasus, Luhut mengklaim bahwa pemerintah telah mempersiapkan fasilitas kesehatan yang lebih baik dari sebelumnya.

Ia mengatakan, khusus di Jawa dan Bali, kasus corona terus mengalami kenaikan dan mayoritasnya berasal dari DKI Jakarta. Keadaan ini, katanya, menyebabkan positivity rate berada di atas standar WHO, yakni lima persen.

“Untuk itu pemerintah terus mengimbau kepada masyarakat agar tidak perlu takut untuk segera melakukan pemeriksaan tes antigen maupun PCR apabila merasakan gejala flu dan batuk. Hal ini dilakukan untuk semata-mata segera mengetahui kondisi pasien, dan melakukan perawatan sehingga memutus mata rantai penyebaran COVID-19,” pungkasnya. (@2m)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Luhut: Omicron Mengganas, Jumlah Kasus Harian Berpotensi 3 Kali Lipat

Trending Now

Iklan