Iklan

Darhamsyah: Kesadaran Lingkungan hanya bisa ditumbuhkan dengan Cinta

JBN NEWS
Jumat, 07 Januari 2022 | 21:12 WIB Last Updated 2022-01-07T14:12:03Z

JBN News - Munculnya persoalan lingkungan, seperti kebakaran hutan, timbunan sampah, banjir, dan lainnya, tidak lepas dari sikap manusia terhadap alam. Namun, banyak juga yang mulai sadar dan berusaha menyelamatkan lingkungan. Dialah Darhamsyah, yang mengembangkan inovasi Enjoy Life With Eco-Life.

Inovasi ciptaannya merupakan metode pengembangan kepemimpinan dan organisasi berbasis kecerdasan lingkungan serta keterhubungan dengan alam. Darhamsyah menjelaskan pentingnya menjaga semangat cinta lingkungan dalam segala aktivitas sehari-hari.

Darhamsyah yang menjabat Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E) Sulawesi dan Maluku, menegaskan kesadaran lingkungan hanya bisa ditumbuhkan dengan cinta. “Semakin orang terhubung dengan alam, makin dekat dan berempati dengan alam, maka orang akan merasa bahagia,” ujarnya.

Dar, sapaan akrab Darhamsyah, telah mengabdi selama 36 tahun sebagai aparatur sipil negara (ASN). Cinta dan tugas yang padukan dalam setiap pekerjaannya.  ‘Teladan memimpin dan telaten melayani’ menjadi moto Dar selama mengabdi pada tugasnya.

Ia menjelaskan, ada tugas prinsip dasar untuk mencintai lingkungan. Pertama adalah kebersamaan, yaitu saling ketergantungan satu dengan lainnya. Prinsip kedua adalah bermanfaat, sedangkan ketiga adalah adaptasi.

“Jadi Enjoy Life with Eco-Life itu adalah sesuatu yang simpel, yakni mempunyai benefit yang dapat dirasakan oleh diri sendiri sehingga lebih enjoyuntuk menjalani hidup,” terangnya. 

Selain merintisi inovasi pada instansinya, Dar aktif menjadi narasumber di berbagai forum, baik dalam komunitas, perguruan tinggi, maupun sekolah. Kegiatan sosial pun dilakoni Dar, seperti aktif memberi motivasi kepada korban gampa dan tsunami Palu dan sekitarnya (2018), serta gempa bumi Mamuju-Majene (2021). 

Ia mengajak semua untuk selalu menjaga lingkungan, bukan  karena tugas maupun larangan. “Melalui inovasi ini saya sampaikan bahwa sebenarnya menjaga lingkungan adalah menjaga diri kita sendiri. Jika anda mencintai kehidupan, maka kehidupan akan mencintai anda,” tegasnya.

Berkat kerja inovatif dan kegigihannya dalam mengedukasi masyarakat akan pentingnya lingkungan, Darhamsyah meraih Top 6 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Teladan dalam ajang Anugerah ASN yang digelar Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) tahun 2021.

Apresiasi juga dituangkan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Bambang Hendroyono. Ia mendukung penuh inovasi yang digaungkan Darhamsyah. Menurut Bambang, Darhamsyah adalah sosok yang memiliki karakter transformational leader.

Inovasi yang diciptakan Darhamsyah dinilai sangat berdampak pada peningkatan etos kerja serta kesadaran lingkungan dan kehutanan. “Maju terus untuk berinovasi demi kepentingan pembangunan nasional,” tandas Bambang. (Rjb)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Darhamsyah: Kesadaran Lingkungan hanya bisa ditumbuhkan dengan Cinta

Trending Now

Iklan