Iklan

Kemendagri Bagikan Dokumen Kependudukan di Pulau Terluar

JBN.co.id
Kamis, 25 November 2021 | 17:15 WIB Last Updated 2021-11-25T10:15:32Z


JBN NEWS ■ Pemerintah serius meningkatkan kesejahteraan seluruh masyarakat, termasuk di kawasan perbatasan negara. Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) sebagai lembaga yang beranggotakan 27 kementerian/lembaga, dan 15 pemerintah provinsi, dipercaya untuk mengkoordinasikan dan mengelola kawasan ujung negeri.

Demi mewujudkan komitmen kehadiran negara membangun Indonesia dari pinggiran, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD, yang juga Ketua Pengarah BNPP, serta Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian, sebagai Kepala BNPP bersama dengan kementerian/lembaga anggota, serta pemda setempat berkunjung ke Pulau-Pulau Kecil Terluar (PPKT) di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). 

Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakrulloh  mendukung penuh pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) di Kecamatan Pulau Laut dan Pulau Sekatung. Yakni menggelar layanan GISA Dukcapil jemput bola perekaman KTP-el, serta pencetakan dokumen kependudukan lain berupa Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, dan Kartu Identitas Anak (KIA).

Tim Dukcapil yang dimotori Dinas Dukcapil Provinsi Kepri, dan Disdukcapil Kabupaten Natuna, didukung peralatan jaringan telekomunikasi serta awak Ditjen Dukcapil pusat menggelar pelayanan adminduk di tiga desa Kecamatan Pulau Laut, Kabupaten Natuna, Kepri. Layanan di tiga desa tersebut, yaitu Desa Tanjung Pala, Desa Air Payang dan Desa Kadur.

Pada kesempatan itu, Mendagri Tito Karnavian dan Menkopolhukam Mahfud MD yang berkunjung ke kantor Kecamatan Pulau Laut berkenan menyerahkan piagam kepada Kades Air Payang, sebagai penghargaan desa tertinggi dengan cakupan kepemilikan Kartu Identitas Anak (KIA) total 85 persen di wilayah perbatasan Natuna.  

Mendagri Tito juga berkenan menyerahkan KTP-el pemula serta cendera mata secara simbolis kepada siswa SMAN 1 Pulau Laut.

"Saya bangga perekaman KTP-el di Kecamatan Pulau Laut, Kabupaten Natuna tidak kalah dengan daerah lain yang dekat perkotaan, yakni 98 persen," kata Mendagri Tito, Rabu (24/11/2021). 

Bahkan, yang menarik, Menko Mahfud ikut menyerahkan cetak KTP-el di luar domisili ke Kepala BNPP yang tak lain Mendagri Tito Karnavian. 

Hal ini sebagai bukti bahwa layanan adminduk yang mudah dan cepat dapat dilaksanakan di pulau terluar di republik ini.  

Sebagai gambaran, perjalanan ke Kecamatan Pulau Laut ditempuh selama 6 jam menggunakan speed boat dari Kabupaten Natuna. (R-Jb)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kemendagri Bagikan Dokumen Kependudukan di Pulau Terluar

Trending Now

Iklan