-->
  • Jelajahi

    Copyright © JBN NEWS | Jaringan Berita Nasional
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Manfaat Tak Terduga Daun Kelor Untuk Menyehatkan Mata

    JBN.co.id
    Jumat, 17 September 2021, 10:05 WIB Last Updated 2021-09-17T03:05:46Z

    JBN NEWS ■ dr Prapti Utami dalam buku "Daun Kelor" menyebutkan manfaat daun kelor yang dapat menyehatkan mata. 

    Menurut dokter dan herbalis dari Tangerang Selatan ini, daun kelor kering mengandung vitamin A 10 kali lebih banyak dari wortel, sementara kelor segar empat kali wortel. 

    Selain itu, kelor juga mengandung mineral dan nutrrisi lain, serta antioksidan tinggi yang dapat membantu perbaikan sel, sehingga dapat mendukung pemulihan fungsi mata. Kelor saja memang tidak bisa memberi khasiat langsung pada mata, melainkan bisa menjadi pelengkap nutrisi. 

    Khasiat daun kelor dapat diperoleh lewat berbagai bentuk olahan. Namun, Prapti mengingatkan agar kelor dapat dikonsumsi secara bijak. Sebab, konsumsi kelor berlebih malah akan memengaruhhi tekanan darah atau meningkatkan asam lambung. 

    Cukup konsumsi satu kantong teh celup atau setara 6 gram serbuk daun kering kelor, per harinya. Jika berbentuk daun segar, disarankan hanya mengonsumsi sekitar 30 gram.

    Daun kelor kerap disertakan dalam sejumlah resep masakan, misalnya untuk membuat sayur atau sup. Meskipun bagi beberapa orang rasa daun kelor mungkin sedikit pahit, tanaman ini ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan. 

    Menurut buku "Analisis Ekstrak Daun Kelor (Moringa oleifera) Pada Pengobatan Diabetes Mellitus" yang ditulis oleh Qurratu Aini, SSi, MPd, daun kelor (Moringa oleifera) memiliki rasa yang agak pahit, netral, dan tidak beracun. 

    Hasil analisis menunjukkan bahwa daun kelor memiliki kandungan gizi yang sangat penting untuk mencegah berbagai macam penyakit. Tanaman ini mengandung semua unsur asam amino essensial yang sangat penting, yakni unsur argine, histidine, isoleucine, leusine, lysine, methionine, phenylalinine, threonine, tryptophan, dan valine. 

    Selain itu, daun kelor juga mengandung protein, lemak, beta carotene (vitamin A), thiamin (vitamin B1), riboflavin (B2), niacin (B3), vitamin C, kalsium, karbohidrat, tembaga, serat, zat besi, magnesium, dan fosfor. 

    Kecuali vitamin C, semua kandungan gizi yang terdapat dalam daun kelor segar akan mengalami peningkatan (konsentrasinya) jika dikonsumsi setelah dikeringkan dan dihaluskan dalam bentuk serbuk.

    Komentar

    Tampilkan

    BERITA TERBARU

    KRIMINAL

    +