-->
  • Explore

    Copyright © JBN NEWS | Jaringan Berita Nasional
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Permudah Layanan Kesehatan, Dinkes Tulungagung Launching SIKESTA

    JBN.co.id
    Selasa, 01 Desember 2020, 08:14 WIB Last Updated 2020-12-01T01:26:42Z
    Permudah Layanan Kesehatan, Dinkes Tulungagung Launcing SIKESTA

    JBN NEWS ■ Demi meningkatkan pelayanan kesehatan, Pemerintah Kabupaten Tulungagung melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung dan RSUD dr Iskak melakukan berbagai inovasi yakni dengan melaunching dua inovasi pelayanan kesehatan.

    Diantaranya  Sistem Informasi Kesehatan Tulungagung (Sikesta) dan layanan kamar operasi Covid-19. Dua inovasi tersebut secara resmi dilaunching oleh Sekretaris daerah (Sekda) Kabupaten Tulungagung, Sukaji pada Senin (30/11/2020) di pendopo Kongas Arum Kusumaning Bangsa.

    Dalam kesempatan ini, Sekda Kabupaten Tulungagung, Sukaji mengapresiasi aplikasi Sikesta dan layanan kamar operasi ini merupakan wujud inovasi pada bidang kesehatan yang sangat bagus.

    “Yang jelas isinya mengenai data informasi kesehatan dan bisa diakses langsung oleh petugas kesehatan ataupun masyarakat,” terangnya.

    Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung, dr Kasil Rohmat, MMRS menjelaskan, pelayanan Sikesta ini bisa diakses oleh semua pihak. Seperti usaha kesehatan perorangan (UKP) dan usaha kesehatan masyarakat (UKM).

    “Adapun informasi yang terdapat di sistem langsung bisa menyambung dengan pelayanan yang ada di rumah sakit,” jelasnya.

    Hal ini dikarenakan adanya permasalahan sebelumnya, dimana para petugas kesehatan terlalu banyak membuat laporan- laporan dalam berbagai aplikasi.

    “Dengan adanya banyak laporan-laporan berupa aplikasi sebelumnya dinilai merepotkan petugas dan untuk itu kita jadikan satu melalui aplikasi Sikesta,” tambahnya.

    Dokter Kasil juga memaparkan,pada aplikasi Sikesta cukup mengetik satu nama dan alamat, kemudian semua informasi data yang dibutuhkan akan muncul di aplikasi ini. Hal ini bertujuan supaya lebih efektif dalam proses pendataan, pengawasan dan penanganannya.

    Selain itu juga untuk memudahkan menginformasikan kegiatan- kegiatan rumah sakit kepada dinas kesehatan.

    “Dengan adanya sistem ini nanti akan lebih mempermudah pelayanan kesehatan baik petugas maupun masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan,secara simpel.Di aplikasi Sikesta ada pelayanan berupa Simpusta, UKM, KIA online, Perijinan, SKM dan PE-Covid,” tambahnya.

    Masih ditempat yang sama, Direktur RSUD dr. Iskak, dr Supriyanto Dharmoredjo, Sp.B, FINACS, M.Kes juga menyampaikan di masa pandemi Covid-19, seperti pada saat ini semua pelayanan harus mengacu kepada standart Covid- 19 yang tujuannya biar aman bagi petugas kesehatan maupun pasien.

    Supriyanto mengatakan, jika saat ini Kamar operasi Covid- 19 di RSUD dr. Iskak ini sudah berstandart internasional dan sudah mulai beroperasi sejak tiga bulan yang lalu, yakni pada Agustus lalu dan diperuntukkan bagi semua pasien Covid-19, jika membutuhkan penanganan operasi harus dilaksanakan diruang tersebut.

    “Yang jelas ruangannya sudah standart internasional,dan petugas pun juga dilengkapi dengan alat pelindung diri sesuai dengan SOP dari WHO,” jelasnya.

    Dalam acara tersebut sekaligus dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional yang ke-56.Selain Sekda Kabupaten Tulungagung, acara juga dihadiri oleh Kepala BPJS Tulungagung, Direktur RSUD dr. Iskak, Kepala Dinkes Kabupaten Tulungagung, serta sekretaris Dinkes Jawa Timur beserta tamu undangan lainnya dan dilaksanakan dengan protokol kesehatan.(st)

    Your comment

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    BERITA TERBARU